Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Dampak Negatif Membandingkan Anak
Dampak Negatif Membandingkan Anak

Ngenetyuk.com, Infosiana – Banyak anak anak yang memiliki sifat malu sehingga tidak berani tampil di depan orang. Hal itu merupakan sangat wajar. Namun, ada baiknya jika si kecil sudah berani dan percaya diri untuk tampil di depan temannya ataupun tempat umum.

Anak pemalu biasanya lebih mandiri, bijaksana, dan mudah berempati. Hanya saja, anak yang terlalu pemalu bisa mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupannya. Yuk, Bunda dan Ayah, bantu Si Kecil mengatasi sifat pemalu dalam dirinya.

Sahabat Ngenetyuk, ini cara untuk meningkatkan sifat pemberani pada anak yang malu. Seperti dikutip dari laman alodokter.

Baca Juga
Nunung Srimulat Tertangkap Narkoba
Arswendo Meninggal Dunia di Usia 70 Tahun
Nella Kharisma Kalahkan Blackpink di YouTube

Jangan sebut anak pemalu
Meski ia pemalu, namun hindari menyebutnya “anak pemalu”, karena ia bisa jadi akan benar-benar meyakini bahwa ia memang seperti apa yang dikatakan orang kepada dirinya. Katakan pula kepada orang-orang terdekatnya untuk tidak mengatakan hal serupa.

Hindari memarahi anak
Ketika anak mulai menampakkan sifat pemalu, Bunda dan Ayah sebaiknya tidak lantas memarahi atau mengolok-oloknya. Jangan pula memaksa dia untuk melakukan hal yang ditakutinya. Cobalah untuk memahami perasaannya terlebih dahulu.

Bangun rasa percaya dirinya
Bangun keberaniannya untuk berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal. Misalnya menyuruhnya untuk memesan makanan yang dia mau ke pelayan saat makan di restoran, atau memberinya uang untuk membayar barang belanjaan di kasir. Orang tua bisa juga mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah dan mengundang teman-temannya beserta orang tua mereka.

Beri pujian
Saat anak berhasil menunjukkan rasa percaya dirinya atau berhasil menyapa orang lain, maka Bunda dan Ayah dapat memberikan apresiasi untuknya, dalam bentuk pujian. Dengan begitu anak merasa bahwa ia sudah melakukan hal yang baik dan benar.

Itulah yang bisa ayah dan bunda lakukan kepada sang buah hatinya agar berani tanpa rasa malu untuk tampil percaya diri.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *