Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Asal Usul Nama Bulukumbawa Makassar

Ngenetyuk.com, Travel – Nama Bulukumba konon berasal dari bahasa Bugis yaitu Bulu, Ku dan Mupa. Dalam bahasa Indonesia berarti, masih gunung milik saya atau tetap gunung milik saya.

Mitos tentang Bulukumba muncul sekitar abad 17 Masehi, ketika terjadi perang saudara antara dua kerajaan besar di Sulawesi, Kerajaan Gowa dan Kerajaan Bone.

Di pesisir pantai bernama Tana Kongkong, utusan Raja Gowa dan Raja Bone bertemu. Mereka berunding secara damai dan menetapkan batas wilayah pengaruh kerajaan masing-masing.

Bangkeng Buki’ yang berarti kaki bukit, merupakan barisan lereng bukit dari Gunung Lompobattang, diklaim pihak Kerajaan Gowa sebagai batas wilayah kekuasaannya, mulai dari Kindang sampai ke wilayah bagian timur.

Namun, pihak Kerajaan Bone berkeras mempertahankan Bangkeng Buki’ sebagai wilayah kekuasaannya mulai dari barat sampai ke selatan. Dari peristiwa itu, kemudian tercetus kalimat dalam bahasa Bugis “Bulu’kumupa” yang kemudian pada tingkatan dialek tertentu mengalami perubahan proses bunyi menjadi Bulukumba.


Like it? Share with your friends!

Adriana