Bukan Hanya Susu Kental Manis, Sederet Produk Ini Juga Tak Sesuai Prosedur

Selain susu kental manis ternyata banyak produk yang tidak menjalankan ketentuan hal itu diungkapkan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Warganet Beri Komentar Soal Susu Kental Manis
Warganet Beri Komentar Soal Susu Kental Manis

Ngenetyuk.com, Sehat – Surat edaran perihal susu kental manis dari pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan rupanya berdampak panjang. Koordinator Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi memaparkan bahwa masih banyak produk makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sesuai dengan prosedur.

“Dari 20 produk makanan dan minuman yang kami lihat tabel kandungannya, ternyata ada 2 produk yang sering dikonsumsi oleh anak-anak dan itu sering sekali dikonsumsi saat acara ulang tahun anak-anak,” kata Sularsi seperti dikutip dari laman Bisnis.com, Rabu, 4 Juli 2018.

Baca Juga
Komentar Warganet Soal Susu Kental Manis
Indonesian Movie Actors Awards 2018, Berikut Daftar Lengkap Para Pemenang
Haid Bermasalah, Coba Minuman Rempah-Rempah Ini

Sularsi menjelaskan informasi ketentuan layak konsumsi produk makanan dan minuman tidak tertera dengan jelas sehingga masyarakat tidak menyadari sepenuhnya. Produk untuk anak juga seharusnya memiliki keterangan jelas soal kandungan garam, gula, dan lemak.

Di negara lain, kata Sularsi, produk yang memiliki kandungan gula tinggi akan diberikan label merah sehingga masyarakat mengetahui secara pasti kandungan tersebut. “Ke depan, kami akan mengarah ke sana,” ucapnya.

Lebih jauh Sularsi menjelaskan jika BPOM tengah merancang aturan bagi produsen memberi label warna khusus yang menjelaskan kadar gula dan garam yang tinggi dalam produk makanan dan minumannya. “Kalau kadar gula tinggi warnanya apa, kalau garam tinggi warnanya beda lagi. Jadi masyarakat waspada. Sekarang tulisan ketentuan umur, misalnya, boleh diminum siapa itu kecil sekali. Sehingga (konsumen) enggak aware.”


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *