Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Memilih Busana untuk si Kulit Sensitif
Memilih Busana untuk si Kulit Sensitif

 

Ngenetyuk.com, Sehat – Sebagian orang memiliki kulit sensitif sehingga kerap menyebalkan. Oleh karena itu, anda butuh kerja ekstra dan hati-hati untuk merawat dan menjaganya.

Istilah kulit sensitif sendiri biasanya mengacu pada kondisi kulit yang mudah mengalami ruam, gatal, serta munculnya sensasi seperti terbakar.

Jadi, orang-orang berkulit sensitif kudu mengikuti sederet ‘aturan’ tak tertulis demi menjauhkan kulit dari iritasi. Termasuk di antaranya aturan soal memilih pakaian.

Baca Juga
Rokok Bakal Dilarang di Inggris
Daftar Pemenang AMI Awards 2018
Divers Clear Action Kasih Edukasi Kepada Anak Muda

Beberapa jenis kain diketahui bisa membuat kulit sensitif terasa gatal dan sakit. Mencari pakaian yang pas untuk kulit menjadi tantangan tersendiri.

Berikut beberapa tips memilih pakaian yang sesuai untuk kulit sensitif.

1. Hindari pakaian berbahan wol dan nilon
Kain berbahan wol dan nilon mengandung serat yang mampu menggesek kulit. Ujung-ujungnya, rasa gatal akan muncul dan membuat Anda tak nyaman.

2. Pilih kain yang bisa menyerap kelembapan
Pilih pakaian yang mampu menyerap kelembapan dari kulit. Hal ini sangat penting, apalagi untuk digunakan di musim panas. Pasalnya, dalam kondisi berkeringat, kelembapan akan terperangkap dalam kulit.

Kelembapan ekstra bisa memicu bakteri tumbuh alami di kulit dan menyebabkan ruam.

Anda bisa memilih beberapa jenis kain seperti sutra dan katun.

3. Tanpa tag

Umumnya, tag pakaian akan terpasang di bagian dalam kain. menjauhkan diri dari iritasi, Anda perlu menghindari pakaian dengan tag di bagian dalam.

Nihilnya tag di bagian dalam pakaian membantu kulit terhindar dari gesekan yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

4. Ukuran yang agak longgar

Tak disarankan bagi Anda yang berkulit sensitif untuk mengenakan pakaian berukuran pas badan. Anda perlu memilih pakaian dengan ukuran yang lebih longgar dan elastis. Pakaian seperti itu akan membuat Anda terhindar dari gesekan kain.

5. Cuci, lalu kenakan

Siapa pun akan senang mengenakan baju anyar. Namun, kebiasaan langsung mengenakan baju anyar sebenarnya salah.

Selalu cuci pakaian baru Anda sebelum memakainya. Dengan melalui proses pencucian, zat-zat kimia yang digunakan saat proses pembuatan akan hilang dan tidak membuat iritasi kulit.

Sahabat Ngenetyuk, anda harus gunakan deterjen bebas pewangi. Anda juga bisa memakai produk deterjen yang khusus digunakan untuk kulit sensitif.


Like it? Share with your friends!

Adriana