Cara Mengatasi Lelah Tak Kunjung Usai

Cara Mengatasi Lelah Tak Kunjung Usai Ada kelelahan yang timbul karena masalah medis seperti gangguan tiroid, anemia, diabetes, dan penyakit jantung.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Lelah tak kunjung usai
Lelah tak kunjung usai

 

Ngenetyuk.com, Sehat – Sebagian orang pernah merasakan lelah yang tak kunjung reda. Ya, rasa lelah itu memang normal dan wajar karena kita bisa capek setelah beraktivitas. Namun, apa jadinya jika lelah tak kunjung reda?

Seperti dikutip dari laman Lifestyele Bisnisdotcom, gejala kelelahan yang tidak kunjung reda biasanya ditandai dengan kelelahan kronis, mengantuk, kurang bersemangat, sakit kepala, pusing, sulit berpikir, mudah tersinggung, moody, dan kurang konsentrasi.

Kalau masih lelah walau sudah istirahat, ada banyak kemungkinan penyebabnya. Ada kelelahan yang timbul karena masalah medis seperti gangguan tiroid, anemia, diabetes, dan penyakit jantung. Ada pula kelelahan yang disebabkan oleh gaya hidup seperti kelebihan berat badan, terlalu banyak tidur, gangguan tidur, perilaku sedentari, dan kurang tidur.

Beberapa orang mengalami kelelahan berat gara-gara masalah di pekerjaan atau masalah keuangan. Sebagian besar lagi, kondisi mental dan emosi yang terganggu bisa sebabkan kelelahan berat.

Menurut laporan Lifehack.org, faktor psikologis juga bisa bikin seseorang merasakan kelelahan berkepanjangan. Kondisi psikis yang dimaksud adalah keadaan mental seperti depresi, kecemasan, stres, dan terlarut dalam dukacita.

Akan tetapi, apabila kita merasa bahwa kelelahan yang kita rasakan tidak bersumber dari semua yang kita bahas tadi, ada kemungkinan bahwa kebiasaan kita yang perlu diubah. Masih dari situs yang sama, berikut beberapa cara untuk mengatasi kelelahan yang berkepanjangan:

1. Mengenali kondisi tubuh
Banyak orang yang merasa bahwa kelelahan bukanlah masalah besar karena ia terlalu terbiasa dengan hal itu. Padahal untuk mengatasi masalah ini, kita harus mau terbuka untuk mengetahui latar belakang apa yang membuat
kelelahan yang kita rasakan tak kunjung reda.

2. Mengurangi kesibukan dan prioritas
Kadang-kadang mengurus terlalu banyak hal membuat kita merasa kewalahan. Nah, jika kita memang sedang berada pada posisi itu, cobalah untuk berhenti sejenak dengan mengurangi kesibukan.

3. Miliki prioritas
Meninggalkan kesibukan bukan berarti tidak memiliki prioritas. Milikilah prioritas yang membuat kita lebih terarah dalam mengerjakan sesuatu.

4. Belajar lebih banyak bersyukur
Rasa syukur dan kebahagiaan hidup sangat berkaitan. Hanya dengan bersyukur kita bisa merasa lebih percaya diri dan optimis dalam menjalani hidup.

5. Sediakan waktu khusus untuk beristirahat
Entah itu istirahat beberapa jam, libur satu hari, maupun mengambil cuti, waktu-waktu istirahat semacam ini akan membantu kita untuk memulihkan energi.

Semoga artikel ini bermanfaat ya sahabat Ngenetyuk.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *