Cara Mengirim Biodata Diri Bagi Pelamar Kerja

biodata diri atau CV merupakan pintu yang terbaik untuk melamar pekerjaan karena perusahaan ingin mengenal calon pekerja atau pegawainya.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Surat Lamaran Kerja Biodata Diri
Surat Lamaran Kerja Biodata Diri

 

Ngenetyuk.com, Infosiana – Bagi sahabat ngenetyuk yang tengah membutuhkan pekerjaan, sebaiknya anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan.

Pelamar pekerjaan harus punya strategi khusus agar bisa diterima di perusahaan yang anda tuju. Salah satunya mempersiapkan biotada diri atau lembar riwayat hidup alias Curriculum Vitae (CV) dengan jujur dan baik.

Pasalnya, biodata diri atau CV merupakan pintu yang terbaik untuk melamar pekerjaan karena perusahaan ingin mengenal calon pekerja atau pegawainya.

Baca Juga
Nikmati Makanan Kuliner Jakarta di Festival Betawi
Penginapan Unik di Kota Kembang Bandung, Inovasi Baru dan Instagramable
Perhatikan Sneakers Kece dan Kekinian Cowo Masa Kini

“Proses seleksi ribuan pelamar dimulai sejak mereka mengirimkan curriculum vitae (CV) ke perusahaan,” kata Corporate Marketing JobStreet Indonesia, Merriyana kepada antara disela-sela kegiatannya dalam Indonesia Career Expo Jakarta 2018 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta Selatan, Jumat (20/7).

 

Surat Lamaran Kerja Biodata Diri
Surat Lamaran Kerja Biodata Diri

 

Selanjutnya, Meriyana menjelaskan para pelamar sebaiknya mengirim CV satu halaman yang berisi informasi penting mengenai data pribadi, latar pendidikan, dan rekam jejak atau pengalaman kerja.

“Jangan sampai CV berlembar-lembar, atau lima halaman dikirim ke perusahaan. Sudah hampir pasti, CV dan surat lamaran tidak akan dibaca, karena ada ratusan, bahkan ribuan kandidat yang harus diseleksi,” paparnya

Meriyana menerangkan, para pelamar perlu membuat CV dan surat lamaran dengan bahasa efektif. “Informasi yang harus tertera (dalam CV) adalah data pribadi, pendidikan terakhir, dan pengalaman kerja yang tersusun dari periode paling terbaru,” terang Meriyana.

Bagi para pelamar yang baru lulus, ia menambahkan, informasi pengalaman kerja dapat diganti dengan jurusan selama perkuliahan dan indeks prestasi kumulatif (IPK).

“Sementara itu, bagi para pelamar yang sudah punya pengalaman kerja, sebaiknya mereka merinci jobdesk (tugas) di perusahaan yang lama. Misalnya, jangan hanya mencantumkan marketing, tetapi diperjelas apa tugas-tugas yang dikerjakan dahulu,” jelas Meriyana.

 

Surat Lamaran Kerja Biodata Diri

 

Informasi yang rinci/ detil memudahkan pihak perusahaan mendapatkan gambaran lebih lengkap mengenai para pelamar.

“Di samping CV, pelamar juga harus mengantisipasi proses wawancara dengan pihak perusahaan dengan mempelajari terlebih dahulu rekam jejak mereka. Jadi, jangan masuk wawancara, lalu bertanya, ini perusahaan apa,” terang Meriyana.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memaparkan bahwa pengetahuan awal mengenai perusahaan yang dimiliki pelamar merupakan indikator pelamar memiliki niat kuat untuk bergabung ke penyedia kerja tersebut.

“Tip lain saat wawancara, selalu berikan jawaban yang tidak berbelit ke pihak perusahaan, dan tampilkan kesan bahwa anda percaya diri. Jangan sampai ada curhatan, atau ungkapan yang merendahkan perusahaan anda terdahulu, karena itu tidak profesional,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *