Film Say I Love You, Kisah Asmara Pemuda SMA Kota Batu

Aldi Maldini jadi anak nakal


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Hiburan – Film Say I Love You yang rilis hari ini, Kamis (4/7/2019) ini bercerita tentang kehidupan anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA).

Film yang diperankan Aldi Mandini (Robet) sebagai anak seorang penjual cilok di Pacitan, ia selalu malas belajar. Dia menganggap itu sia-sia karena pada akhirnya hanya akan mewarisi pekerjaan sang ayah.

Setelah diterima menjadi siswa SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) di Kota Batu, Jawa Timur. Namun karakter dan sifatnya, Robet tak ada perubahan. Robet tetap menjadi anak yang nakal dan bandel, karena ia suka merokok dan minum alkohol serta berbuat negatif kepada teman ataupun orang lain.

Sekolah yang didirikan Julianto Eka Putra (Verdi Solaiman) itu merupakan sekolah istimewa. SMA SPI hanya menerima siswa yatim piatu, dhuafa, dan yang tidak mampu, tanpa dimintai biaya alias gratis.

Sayang, Robet belum menyadari keistimewaan bisa mendapat pendidikan di sekolah tersebut. Pasalnya, ia sering berbuat kericuhan serta melanggar aturan sekolah.

Kenakalan Robet bahkan terbendung sampai tidak lagi bisa ditolerir. Bahkan Robet terancam dikeluarkan oleh pihak sekolah. Dalam kondisi mendesak, suatu peristiwa menyadarkan Robet tentang pentingnya pendidikan.

Dinamika mereka beradaptasi di sekolah spesial tersebut bakal dikupas dalam film arahan sutradara Faozan Rizal. Begitu pula sosok Julianto yang sangat kharismatik dan bekerja tanpa pamrih untuk pendidikan.

Menariknya, sosok Julianto, Robet, dan para siswa lain di SMA SPI adalah orang-orang yang ada di dunia nyata. Sekolah itu mulai dibangun pada 2005 dan menerima angkatan pertama pada 2007.

Kiprah SPI membuat sekolah mendapat penghargaan Kick Andy Heroes pada 2018. Selain mendapat pendidikan gratis, para siswa juga dibekali keahlian menjadi wirausahawan yang independen.

Julianto mengatakan, inisiatif mengangkat kisah SMA SPI dalam film tidak datang dari dirinya maupun pihak sekolah. Rumah produksi Multi Buana Kreasindo meminta izin untuk mengadaptasi kisah nyata itu menjadi film.

Dia menyampaikan tujuan mendirikan sekolah, yakni supaya anak-anak yang kurang beruntung tidak putus sekolah. Saat awal berdiri, angkatan pertama SMA SPI terdiri dari 30 siswa dari Sumatra sampai Papua, termasuk Robet.

Mereka semua memiliki karakter berbeda, punya kelebihan, tapi juga memendam luka dalam diri masing-masing. Salah satunya akibat kondisi keluarga tidak utuh, kendala finansial, atau malah tidak pernah mengenal ayah ibunya.

“Kami belajar bersama-sama, saling menerima perbedaan, saling menyembuhkan dan berjuang bersama mencapai tujuan,” kata Julianto yang menciptakan lagu tema film berjudul sama.

Selain Aldi Maldini, film ini juga diperankan oleh Verdi Solaiman, Dinda Hauw, Rachel Amanda, Teuku Ryzki, Nadira Octova, Shenina Cinnamon, Ashilla Zahrantiara, Olda Lidya dan Butet Kertarejasa.

Kisah Robet di film Say I Love You yang tayang di bioskop mulai 4 Juli 2019. Tidak hanya remaja itu, dikisahkan pula sejumlah kawannya yang bersekolah di SMA SPI.

Selain Say I Love You, Faozan juga merupakan sutradara Habibi dan Ainun (2012), Fugu, a Sushi Tale (2009), Aries, a Poem for Katia (2004) dan Yasujiro Journey (2004).


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *