Hindari Motor Mogok Disaat Musim Hujan, Periksalah Bagian Mesin dan Part Ini

ada baiknya anda memeriksa kondisi kendaraan sepeda motor. Pasalnya, motor bisa cepat mudah mati ketika anda menerobos hujan yang lebat.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Naik motor di musim hujan
Naik motor di musim hujan

 

Ngenetyuk.com, OtomotifMusim hujan telah tiba, ada baiknya anda memeriksa kondisi kendaraan sepeda motor. Pasalnya, motor bisa cepat mudah mati ketika anda menerobos hujan yang lebat.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa melakukan hal hal ini sebelum anda berpergian atau aktivitas dengan sepeda motor saat musim hujan.

Baca Juga
Puisi Luna Maya, Singkat Tapi Penuh Makna
Reaksi Rossa Ditanya Soal Menikah Lagi
Maia Estianty Bicara Ini Saat Bertemu Bella Hadid

Seperti dilansir dari berbagai sumber, anda harus perhatikan mesin dan part ini agar kendaraan motor anda aman dan nyaman selama musim hujan.

Cek tutup busi

Busi adalah bagian yang paling dikhawatirkan saat musim hujan tiba. Kalau sampai terendam air dan terlalu basah, mesin motor akan sulit atau bahkan tidak bisa dinyalakan. Untuk itu rajin-rajinlah memeriksa kondisi penutup busi, agar berkendara tetap aman dan lancar.

Cek karburator

Dua hal yang boleh keluar masuk pada karburator adalah bahan bakar dan udara. Makanya penting sekali mengecek kondisi selang-selang di sekitarnya, apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada bagian yang berlubang, saat musim hujan berpotensi menjadi jalan masuknya air. Siap-siap mogok, deh kalau karburator kemasukan air atau hawa dingin berlebih.

Cek kabel kelistrikan

Kabel kelistrikan harus anda perhatikan karena jika kabel itu terkelupas kulitnya maka bisa konslet sehingga sistem pengapian tidak berfungsi dengan baik. Makanya, anda harus memperhatikan hal tersebut dengan cara memberi solasi atau solatif.

Cek kondisi lampu motor

Lampu juga menjadi bagian vital yang harus diperhatikan saat masuk musim hujan. Pastikan semua lampu bekerja optimal, karena turunnya air mampu membiaskan cahaya sehingga sorot lampu memudar.

Nah, jika motor sudah dipersiapkan. Usahakan juga motor di service dan gonti oli ya. Semoga artikel ini bermanfaat ya sahabat Ngenetyuk. Semoga motor anda selama musim hujan ini tidak mogok di jalan.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *