Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Travel – Indonesia memang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Nah, anda bisa menikmatinya jika travelling ke Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya Sumba. Ada banyak destinasi menarik yang bisa ditemukan di pulau eksotis ini.

Tak hanya menawarkan keindahan alam pantai, Sumba juga memiliki objek wisata yang mirip dengan gua, bernama Waikelo Sawah. Waikelo Sawah dulunya adalah bendungan yang dirancang oleh Camat Lele Umbu Zogara untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik pada 1976.

Kala itu, pengadaan pembangkit listrik inipun menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba. Kini, bendungan indah nan jernih ini lebih mirip gua alami selebar empat meter dengan ketinggian sekitar tiga meter.

Air deras keluar dari mulut gua berbatu, terlihat seperti air terjun yang terlihat jernih. Aliran airnya keluar dari mata air. Selain itu, traveler dapat melihat panorama hutan hijau. Bendungan ini menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi saat musim kemarau, yakni Februari hingga Maret.

“Sobat Traveler. Salah satu tujuan wisata unik yang mungkin belum banyak diketahui orang yaitu Waikelo Sawah. Jadi, gua yang berada di atas sawah menjadi pusat irigrasi dari air terjun. Menarik kan? Puas untuk menikmati pemandangan dari atas, kamu bisa turun ke bawah sambil memandang hamparan padi yang hijau. Tak lupa airnya pun toska sebening di lautan,” tulis Instagram @makaffahtravel, dikutip Selasa (17/9/2019).

Gua Waikelo Sawah memiliki bentuk yang besar dan menawarkan pesona alam unik. Stalaktit yang ada di langit-langit gua menambah keindahannya. Anda bisa berenang dan menikmati dinginnya air yang jernih dan mengalir dari mulut gua.

Berada di kaki bukit, dikelilingi pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat, menjadikan suasana di Waikelo Sawah ini sangat teduh dan menyegarkan.

Di sekitar Waikelo Sawah, juga dibangun kolam-kolam ikan air tawar, seperti lele, nila, dan karpel. Gua ini terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupatan Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai Gua Waikelo Sawah, Anda perlu menempuh jarak sekira 33 kilometer dari pusat Kota Tambolaka.


Like it? Share with your friends!

Adriana