Jenang Suran, Kuliner Khas Solo di Bulan Sura

Jenang suran dibagikan kepada pedagang serta pengunjung pasar. Ya, Jenang Suran biasa disebut Jenang Sura merupakan jenis kuliner istimewa.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Jenang Suran
Jenang Suran

 

Ngenetyuk.com, Kuliner – Sebagian orang menggunakan pakaian tradisional berjalan mengelilingi pasar barang antik triwindu, Solo, Jawa Tengah, kemarin.  Sajian berupa jenang suran dibagikan kepada pedagang serta pengunjung pasar. Ya, Jenang Suran biasa disebut Jenang Sura merupakan jenis kuliner istimewa.

Masakan serupa bubur itu hanya dibuat dan dihidangkan saat Bulan Sura. “Sekarang juga sudah sangat jarang ditemukan,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Triwindu, Dodi Sudarsono, Senin, 10/9.

Seperti dikutip dari laman Tempo, hidangan ini sebenarnya cukup populer puluhan tahun silam. Banyak masyarakat yang membuat kuliner itu di Bulan Sura kemudian membagikannya ke tetangga dan kerabat. “Sayang, tradisi membuat Jenang Suran sudah nyaris hilang,” katanya.

Baca Juga
Demi Kesehatan, Julie Estelle Jaga Pola Makan dan Olahraga
Raisa Ngidam Main Bulutangkis Saat Ngidam Anak Pertama
Tunda Sarapan dan Makan Makan Lebih Cepat, Ini Manfaatnya

Jenang Suran merupakan masakan nasi bubur yang dimasak dengan santan sehingga terasa gurih. Di atasnya bertabur irisan telur dadar serta kacang kedelai yang digoreng. Masakan semakin terasa lezat dengan tambahan sayur sambal goreng krecek.

Sementara itu, para pedagang berupaya ikut melestarikan kuliner istimewa yang digelar setahun sekali. Pasalnya, mereka tidak hanya menjual barang antik semata, namun juga berusaha melestarikan tradisi yang kian langka.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *