Kalahkan Thailand, Indonesia Juara Piala AFF U-16

Indonesia akhirnya mencatatkan sejarah dengan menjuarai Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya. Timnas Indonesia U-16 unggul 4-2 atas Thailand di babak adu penalti.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
timnas-u-16-indonesia
timnas-u-16-indonesia

 

Ngenetyuk.com Olahraga – Final Piala AFF U-16 2018 harus diselesaikan lewat adu penalti. Pasalnya, Indonesia dan Thailand hanya mampu berbagi angka 1-1 selama 90 menit di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018). eStelah itu, pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu dan adu pinalti.

Padahal, tim Garuda Asia unggul terlebih dahulu pada babak pertama tetapi dibalas Tim Gajah Putih pada babak kedua.

Kiper Ernando berhasil menjadi pahlawan dengan menggagalkan dua penalti Thailand di babak tos-tosan. Indonesia akhirnya mencatatkan sejarah dengan menjuarai Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya. Timnas Indonesia U-16 unggul 4-2 atas Thailand di babak adu penalti.

Baca Juga
Restoran Enak, Elegan dan Romantis di Jakarta Tapi Bikin Dompet Tipis
Alasan Kenapa Sepatu Hitam Tetap Terfavorit Bagi Anak Jaman Sekarang
Pulau Macan di Kepulauan Seribu Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Selama waktu normal, pertandingan berjalan dengan lambat. Namun, Timnas U-16 akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-33 lewat Fajar Fathur. Umpan terobosan lambung dari Andre berhasil membuat pemain bernomor 22 itu lolos dari jebakan offside. Fathur mampu dengan tenang menyelesaikan umpan tersebut dengan mencungkil bola ke dalam gawang melewati kiper Anuchid Taweesri yang coba merangsek maju.

 

Indonesia Juara Piala AFF U-16
Indonesia Juara Piala AFF U-16

 

Di babak kedua, Indonesia tetap menguasai jalannya pertandingan seperti halnya babak pertama. Namun, Bagus Kahfi yang mempunyai dua peluang hingga menit ke-65, selalu gagal untuk menggandakan keunggulan Indonesia.

Keasyikan menyerang, Indonesia akhirnya kebobolan di menit ke-72. Umpan silang di dalam kotak penalti Indonesia gagal diantisipasi dengan baik hingga pemain Thailand Apidet Janngnam berhasil menyodok masuk bola ke gawang Ernando.

Dengan hasil imbang, maka dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Namun, skor tidak berubah sehingga dilanjutkan dengan adu pinalti.

Thailand lebih dahulu melakukan tendangan penalti lewat kapten Thanarin Thumsen. Sepakan pemain bernomor tujuh itu gagal diantisipasi Ernando meski arahnya berhasil ditebak. Penendang pertama Indonesia, Sutan Diego Zico, juga berhasil menuntaskan tugasnya dengan menipu kiper Thailand.

Eksekusi penalti kedua Thailand yang dilakukan Apidet berhasil digagalkan Ernando. Indonesia lantas unggul lewat eksekusi Bagus Kahfi yang kembali berhasil mengecoh kiper Anuchid hingga menjadi keunggulan buat Garuda Asia.

Ernando akhirnya tampil sebagai pahlawan dengan menahan tembakan terakhir pemain Thailand. Dengan demikian Indonesia berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 sehingga berhak melaju ke putaran final Piala Asia U-16.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-16

Ernando Ari Sutaryadi; Yudha Febrian (LB), Fadilah Nur Rahman (Fajar Fathur 17’), Komang Teguh Trisnanda, Amiruddin Bagas Kaffa; Brylian Negietha, David Maulana, Andre Oktaviansyah (Hamsa Lestaluhu 67’); Mochamad Supriadi (Rendy Juliansyah 78’); Amiruddin Bagus Kahfi, Amanar Abdilah.

Cadangan: Ahludz, Kartika, Salman, Dandi, Rizky, Reza, Talaohu, Fajar, Rendy, Yadi, Sutan, Hamsa.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *