Keindahan Liangkabori, Gua Terkaya di Dunia

Liangkabori gua terkaya


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com Travel – Kabupaten Muna yang terletak di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia merupakan kabupaten yang memiliki banyak tempat sejarah, khususnya sejarah-sejarah yang berkaitan dengan kehidupan masa lampau yang salah satunya adalah situs sejarah Gua Liangkabori.

Siapa yang menyangka bahwa Gua Terkaya Di Dunia berada di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Hal ini dikarenakan di dalam gua banyak terdapat ratusan gambar yang menjadi ornamen pada dinding-dinding gua seperti jejak telapak kaki dan tangan, gambar layang-layang, kuda, matahari, orang berburu, perahu dan lain sebagainya yang menjelaskan bahwa Gua Liangkabori pernah menjadi peradaban manusia purba pada beberapa ratus hingga ribuan tahun yang lalu.

Baca Juga
Masakan Buatan Ibu Bikin Rindu Pulang ke Rumah
Tren Hijab Tahun 2019 Bisa Lebih Natural dan Sederhana
Liburan Tahun Baru Bersama Sahabat, Ini Cara Anti Bete

Seperti dikutip dari laman Reygina Wisata Indonesia Dalam bahasa Muna, Liang berarti gua dan Kabori berarti tulis, sehingga Liang Kabori dapat diartikan sebagai gua bertulis atau bergambar dengan keindahannya yang sangat luar biasa. Bebarapa ahli gua internasional mengatakan bahwa mereka sangat tercengang akan keindahan di dalam gua kabori ini. Mereka mengatakan bahwa Gua Liangkabori termasuk salah satu gua terkaya di dunia.

Selain memiliki banyak gambar lukisan gua,gua yang memiliki lebar 30 meter dengan tinggi sekitar 2 – 5 meter dengan kedalaman dibawah tanah sekitar 50 meter ini juga memiliki stalaktit dan stalakmit yang sangat menakjubkan dengan mata air yang selalu menetes dari celah-celah dinding bebatuannya. Di gua ini Anda dapat merasakan kesejukan dan ketenangan jiwa. Selain sebagai tempat wisata populer di Kabupaten Muna, Gua Liangkabori juga menjadi tempat sumber keilmuwan yang dapat memberikan pelajaran bagi para akademis terutama bagi mereka yang ingin mempelajari sejarah manusia purba.

Jika Anda ingin mengunjungi gua taerkaya di dunia, Liangkabori, Anda bisa menempuhnya denga dua cara, Cara pertama melalui Pelabuhan Nusantara, Kendari menuju Pelabuhan Raha di Muna dengan waktu te,puh sekitar 4 jam .

Cara keduam Anda bisa melaluinya melalui Pelabugan Udara Wolter Mongonsidi, Kendari menuju Bandara Sugimanuru lalu ke kota Raha sebelum menuju ke Desa Mabolu dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *