Kemeriahan Piala AFF Jadi Tolak Ukur Sepakbola Asia

Kemeriahaan Piala AFF jadi tolak ukur sepakbola asia. Piala AFF 2018 menghadirkan kemeriahan sepakbola Asia Tenggara yang sangat penuh semangat dan gairah serta drama olahraga.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Tropi Piala Aff
Tropi Piala AFF

 

Ngenetyuk.com, OlahragaPiala AFF 2018 menghadirkan kemeriahan sepakbola Asia Tenggara yang sangat penuh semangat dan gairah serta drama olahraga.

Meskipun hanya dilingkup Asia Tenggara tapi aksi ini sangat memiliki semangat juang saat berlaga di rumput hijau stadion sepakbola.

Hal tersebut bisa dilihat dari pertandingan demi pertandingan. Salah satunya saat Indonesia versus Malaysia yang sangat kental dengan aroma gengsi luar biasa.

Hal ini pula yang coba dianalisa jurnalis ESPN Asia, John Duerden yang melihat Piala AFF sebagai salah satu pusaran penting sepakbola modern saat ini.

“Dengan menghadirkan penonton mencapai 90.000 orang lebih ketika Indonesia kontra Malaysia, atau saat seluruh negeri Vietnam berpesta semalam suntuk usai memastikan gelar, ini tentu jadi salah satu fenomena sepakbola regional Asia yang luar biasa,” tulis John Duerden dalam artikelnya beberapa waktu lalu.

“Dengan pemain yang tak banyak bermain di luar negeri, tim-tim kontestan pasti bisa menurunkan kekuatan terbaiknya dan jadi kesempatan paling realistis mendapatkan trofi internasional.

Bukan cuma soal pencapaian dan energi yang dimunculkan, turnamen ini pun tak luput dari skandal memalukan sepakbola gajah pada Piala Tiger 1998.

“Sejarah buruk pun hadir saat bek Indonesia Mursyid Effendi memamerkan ‘sepakbola gajah’ yang sengaja mencetak gol ke gawang sendiri pada 1998. Ini juga pernah jadi sorotan dunia,” jelas John Duerden.

 


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *