Main Petasan Selama Puasa, Polisi Berikan Sanksi dan Hukuman

Main petasan polisi melarang bagi semua penjual atau pembeli petasan selama bulan ramadan 2018. Polisi akan memberi sanksi dan hukuman


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Main Petasan Selama Puasa, Polisi Berikan Sanksi dan Hukuman
Main Petasan Selama Puasa, Polisi Berikan Sanksi dan Hukuman

Ngenetyuk.com, Infosiana – Selama bulan suci Ramadan, pihak kepolisian Polda Sumatera Utara (Sumut) mengeluarkan larangan terhadap penggunaan petasan. Hal itu diungkapkan oleh Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Dalam pernyataannya, Nainggolan melarang bagi semua penjual atau pembeli petasan selama bulan ramadan 2018. Hal itu dilakukan agar pelaksaan ibadah ramadan berjalan lancar tanpa ada gangguan dari bunyi suara petasan.

Nainggolan juga mengeluarkan tindakan atau sanksi tegas bagi penjual atau pembeli petasan yang kedapatan menjual atau bermain petasan.

“Sanksinya, bagi yang kedapatan bermain petasan akan dijerat dalam undang undang darurat,” kata Nainggolan kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan mengungkapkan selain larangan petasan, Polda Sumut dan jajaran Polres juga akan melakukan pengamanan sholat taraweh di sejumlah mesjid yang ada di wilayah Sumut. Dalam pengamanannya kata dia, ada beberapa personil yang diturunkan.

“Hal itu disesuaikan oleh tempat dan satuan wilayahnya (Satwil). Maksudnya, tempat ibadah akan disesuaikan dengan jumlah jema’ah yang melaksanakan giat sholat taraweh,” ujarnya

“Kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadan. Sedangkan bagi saudara yang tidak melaksanakan puasa agar dapat membantu kelancaraannya serta kenyamanan saudara kita umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa,” katanya.

Hal serupa juga dilakukan pihak keamanan Satuan Polisi Pamong Praja Sumatera Barat (Sumbar), mereka akan melakukan razia terhadap pedagang petasan saat Ramadhan 1439 hijriah untuk menekan peredarannya karena berpotensi mengganggu kekhusukan ibadah taraweh.

“Petasan selalu menjadi salah satu yang dikeluhkan masyarakat karena mengganggu ibadah. Kita akan tertibkan,” kata Kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Sumbar, Zul Aliman kepada Antaranews.com di Padang, Rabu.

Pol PP juga akan melakukan pengawasan terhadap anak muda yang melakukan ugal-ugalan dengan balapan di jalan raya selesai shalat subuh.

“Kita harap upaya yang dilakukan ini dapat memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan,” tambahnya


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *