Makanan Ini Bisa Menimbulkan Penyakit Batu Ginjal

Makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan di atas dapat berubah menjadi pemicu batu ginjal


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Sehat Ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun. Racun tersebut bisa bersumber dari makanan yang kita konsumsi, ketika racun dan bahan makanan yang tidak tersaring bisa memicu pengendapan di ginjal Anda dan membentuk batu ginjal.

Beberapa jenis makanan di atas memang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan, termasuk daging, telur, dan kacang kedelai. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan di atas dapat berubah menjadi pemicu batu ginjal. Untuk mencegah terkena batu ginjal, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas dalam sehari.

Baca Juga
Hilangkan Jerawat Yang Melekat di Wajah Anda
Negara Ini Menyarankan Warganya Rutin Berhubungan Intim, Ini Alasannya
Unggah Foto Cowo Ini, Luna Maya Sudah Move On?

Makanan seperti bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe, dan tahu sebenarnya adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Meski demikian, apabila dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat memicu Anda terkena penyakit batu ginjal.

Untuk berjaga-jaga, cokelat dan kopi juga mengandung zat oksalat, jadi konsumsi kedua jenis makanan ini juga harus dibatasi.

Daging juga merupakan salah satu bahan makanan yang kaya protein. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi daging ternyata dapat membuat urine Anda menjadi asam. Kondisi ini kemudian dapat memudahkan terjadinya batu ginjal jenis asam urat.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi daging yang juga mengandung protein hewani yang baik bagi tubuh. Namun, asupan daging juga perlu dibatasi.

telur, dapat memicu pembentukan batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir dari proses metabolismenya adalah asam urat.

Nah, itulah yang menyebabkan seseorang terkena penyakit batu ginjal. Walaupun beberapa jenis makanan di atas memang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan, termasuk daging, telur, dan kacang kedelai. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan di atas dapat berubah menjadi pemicu batu ginjal.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *