Manfaat Anak Main Diluar Rumah

Manfaat anak bermain di luar rumah


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Meningkatkan Kemampuan Otak Anak
Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

Ngenetyuk.com, Hiburan – Tak selamanya beraktivitas di luar rumah itu tidak baik untuk anak anaknya. Untuk diketahui, ada banyak manfaat aktivitas untuk pertumbuhan anak.

Namun, orangtua masih kurang percaya dan kuatir mengajak buah hati mereka untuk main di luar, karena berbagai alasan.

Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan My Baby menemukan, 85 persen ibu khawatir ketika anak main di luar. Sementara 65 persen lainnya merasa gigitan nyamuk dan serangga menjadi alasan utama kekhawatiran para ibu.

GM Brand Portfolio Strategy & Innovation CCHC-Cosmetic and Consumer, PT Barclay Products, Dahlia Yolanda mengatakan bahwa kekhawatiran orangtua mengenai hal itu memang wajar. Gigitan nyamuk tak boleh dianggap sepele.

“Tak hanya sekadar ruam, bengkak atau bentol yang dicemaskan, namun gigitan nyamuk dapat menjadi penyebab awal berbagai penyakit serius, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya hingga zika,” ucap Dahlia, dalam rilis yang diterima awak media, Kamis, 18 Juli 2019.

Sebelum melarang anak bermain di luar rumah, Anda juga harus mengetahui bahwa bermain di luar dan mengeksplorasi alam terbuka memiliki sederet manfaat bagi si kecil.

Menurut psikolog Keluarga, Retno Dewanti Purba ada beberapa manfaat main di luar bagi anak adalah peningkatan kreativitas, berkembangnya kemampuan penyelesaian masalah, melatih kerja hingga mampu memperbaiki suasana hati.

Bermain bersama alam

Jika anak dibiasakan beraktivitas di luar rumah, akan terlihat nyata peningkatan kebugarannya. Bermain di luar ruangan juga diketahui memiliki efek teurapeutik yang baik bagi kondisi psikologis.

“Orangtua sebaiknya memberi kesempatan pada anak untuk menghabiskan waktu di halaman rumah, ruang hijau terbuka, kebun, taman, pantai, pegunungan dan lingkungan alami lain. Dampingi anak bermain di luar rumah agar mereka bisa mengenal lingkungan dengan cara menyenangkan,” ucap Retno.

Interaksi bersama alam

Retno menambahkan bahwa orangtua harus mengupayakan agar anak bermain seraya mengaktifkan moda sensori tubuhnya. Melompat, berlari, berjalan, berjinjit dan berbagai gerakan tubuh akan memengaruhi keterampilannya menguasai gerakan kasar dan halus. Jelaskan dengan bahasa yang mudah tentang berbagai hal baru yang ditemui di alam terbuka.

“Sangat penting bagi orangtua untuk tidak takut dan khawatir membawa anak-anaknya berinteraksi dengan alam. Kewaspadaan tetap perlu, namun tidak boleh takut atau menghindari aktivitas luar,” kata Retno.

Menurutnya, orangtua bisa melakukan persiapan yang baik agar anak aman dan nyaman beraktivitas di luar. Salah satunya, untuk mencegah gigitan nyamuk, orangtua bisa mengaplikasikan minyak telon yang mengandung bahan-bahan alami dan tahan pada kulit si kecil sebelum mereka bermain di luar,

“Memaparkan anak dengan alam dipercaya mendatangkan banyak manfaat bagi proses tumbuh kembang anak. Jangan takut, saatnya ibu percayakan si kecil bebas main di luar,” ucap Retno.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *