Mataram Diguncang Gempa 5,7 SR

Mataram Diguncang Gempa 5,7 SR. Pusat gempa di 23 kilometer Barat Laut Mataram. Tepatnya pada 8,37 Lintang Selatan (LS) dan 116,06 Bujur Timur (BT).


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Gempa Bumi
Gempa Bumi

Ngenetyuk.com, InfosianaGempa berkekuatan 5,7 SR menguncang kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Kamis (6/12/2018) pagi ini.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan gempa tektonik itu terjadi pada pukul 08:02:46 WIB.

Pusat gempa di 23 kilometer Barat Laut Mataram. Tepatnya pada 8,37 Lintang Selatan (LS) dan 116,06 Bujur Timur (BT).

Baca Juga
Intip Gaya Aura Kasih Liburan, Nomor 5 Kece dan Modis
Teuku Wisnu Ngobrol Ini Ketika Bertemu Habib Rizieq di Tanah Suci
Kegiatan Positif Ini Bisa Dilakukan di Waktu Luang

Untuk informasi, pusat gempa di kedalaman 10 kilometer, tidak berpotensi terjadi tsunami.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui korban jiwa atau luka serta kesurasakan fasilitas, bangunan umum atau rumah.

Gempa di Luwu Timur

Sebelum gempa di Mataram dengan kekuatan 5,7 SR, BMKG Wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan juga merilis terjadi gempa berkekuatan 3,5 SR di Kabupaten Luwu Timur.

“Semalam tepat pukul 21:15:55 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Joharman seperti dikutip dari laman Antara di Makassar, Kamis.

Gempa Bumi
Gempa Bumi

Pada kesempatan itu, Joharman mengatakan bahwa pusat gempa yang berada di darat pada jarak 3,08 kilometer arah timur laut wilayah Luwu Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 3,5 SR itu berada di koordinat episenter 2,47 lintang selatan (LS) dan 120,89 bujur timur (BT).

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano,” katanya.

Selanjutnya, ia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako sebesar I SIG-BMKG (II MMI).

Meskipun demikian, gempa itu tidak akan menimbulkan tsunami. Oleh karena itu Joharman mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap bersikap tenang, serta memperbaharui terus informasi-informasi dari BMKG maupun BPBD.

 


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *