Mengenang 100 Tahun Anti Apartheid Nelson Mandela

Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 dan ia meninggal dunia pada tahun 2013 silam. Hari ini, Rabu 18 Juli 2018 merupakan 100 tahun hari lahir pejuang anti Apartheid Afrika Selatan, Nelson Mandela


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Nelson Mandela
Nelson Mandela

 

Ngenetyuk.com, Infosiana – Hari ini, Rabu 18 Juli 2018 merupakan 100 tahun hari lahir pejuang anti Apartheid Afrika Selatan, Nelson Mandela. Ia meninggal dunia pada tahun 2013 silam.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918. Dia tinggal di sini sampai usia 2 tahun, ketika ayahnya kehilangan posisi sebagai kepala desa dalam perselisihan dengan seorang hakim.

Baca Juga
Ahok Dikabarkan Bebas Penjara Agustus 2018
Justin Bieber dan Hailey Baldwin Tunangan, Selena Gomes Menikmati Kesendirian?
Sederhana Tapi Kece, Yuk Intip Sepatu Super Mahal Dian Sastrowardoyo

Kemudian keluarganya pindah ke Qunu, di mana Mandela hidup sampai usia 9 tahun, sampai ayahnya meninggal.

Dia dan ibunya kemudian pindah ke Mqhekezweni.

Di sini dia diadopsi oleh keluarga seorang pemimpin lokal Jongintaba Dalindyebo dan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin.

Dalam otobiografinya “Long Walk to Freedom” Mandela, yang oleh kaumnya dipanggil Madiba, menulis bahwa minatnya dalam politik pertama kali menyala ketika mendengarkan para tetua suku mengadakan pertemuan masyarakat di Mqhekezweni.

 

Nelson Mandela
Nelson Mandela

 

Setelah 27 tahun di penjara, Mandela kembali lagi ke Qunu dan membangun tempat untuk keluarganya. Setelah dia pensiun dari jabatan publik, dia kembali lagi ke sini juga. Di sini berdiri Museum Nelson Mandela, yang diresmikan 11 Februari 2000, pada peringatan 10 tahun pembebasannya dari penjara.

Sekitar 200 kilometer ke selatan terletak Museum Steve Biko di King William’s Town. Biko adalah ikon gerakan anti apartheid, seorang nasionalis Afrika dan pemimpin gerakan akar rumput Black Consciousness Movement (Gerakan Kesadaran Kulit Hitam).

Dia meninggal tahun 1977 setelah ditangkap dan dipukuli. Dia memiliki pengaruh besar pada Mandela.

 

Nelson Mandela
Nelson Mandela

Aktivis Muda

Ketika ia dipaksa untuk menikah, Mandela melarikan diri ke Johannesburg dan kemudian kuliah hukum. Setelah lulus, ia mendirikan firma hukum kulit hitam pertama di negara itu. Ketika menjadi mahasiswa ia telah aktif dalam politik membela hak kaum hitam. Pada tahun 1942 ia bergabung dengan gerakan pembebasan, Kongres Nasional Afrika (ANC), dan kemudian mendirikan organisasi pemuda ANC.

 

Nelson Mandela
Nelson Mandela

ANC Dilarang

Pada tahun 1956, Mandela (ketiga dari kiri) bersama dengan 155 aktivis lainnya dituduh melakukan penghianatan kepada negara, karena aktivitasnya dalam memimpin kampanye anti apartheid. Sidang pengadilan terhadapnya, yang berlangsung selama empat setengah tahun, akhirnya memvonis Mandela bebas. Pada tahun 1960 pemerintah melarang ANC dan kelompok anti apartheid lainnya.

Vonis Seumur Hidup

1964: Massa berkumpul di depan gedung pengadilan, tempat berlangsungnya proses hukum terhadap Nelson Mandala dan aktivis anti Apartheid lainnya. Dalam peristiwa yang disebut proses Rivonia itu Nelson Mandela divonis bersalah dengan dakwaan makar dan mendapat hukuman penjara sumur hidup

 

Nelson Mandela
Nelson Mandela

Penjara

Dalam sel sempit penjara di Pulau Robben inilah Mandela mendekam selama 18 tahun. Setelah pelarangan ANC di tahun 1960, Mandela mendirikan organisasi sayap militan ANC “Spear of The Nation“. Pada bulan Agustus 1962 ia ditangkap dan kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dengan tuduhan sabotase dan perencanaan perjuangan bersenjata.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *