Menu Bekal Makan Siang Sehat dan Bergizi

Menu sehat dan bergizi untuk makan siang


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Sehat – Memasuki awal tahun 2019 serta memulai beraktivitas setelah liburan akhir tahun. Ada banyak yang perlu dipersiapkan untuk anak sekolah atau makan di kantor. Termasuk bekal makan siang sehari-harinya yang tak membosankan.

Nah, sahabat Ngenetyuk agar anda bisa lebih hemat waktu, buatlah makanan praktis dan komplet untuk makan anak anda di sekolah ataupun di kantor.

Baca Juga
Makanan Bisa Deteksi Kepribadiaan Seseorang
Cuaca Dingin, Yuk Coba Makan Mie Tek Tek. Ini Resep Sederhana Tapi Makyus
Murah dan Lezat, Kuliner Khas Solo Ini Wajib Anda Coba

Seperti dikutip dari laman Royco, bekal makan siang tentunya harus tetap tampil menarik dan lezat. Bekal juga harus praktis sehingga mudah dibawa dan dinikmati di mana saja.

Berikut ini cara dan tips yang praktis membuat bekal makanan untuk makan siang di sekolah ataupun kantor.

Rencanakan menu

Perencanaan yang baik akan membantu menyiapkan bekal makan siang yang praktis dan lezat. Kalau sudah memiliki rencana menu bekal makan siang selama seminggu ke depan, kamu bisa menyiapkan bahan tertentu dalam jumlah besar untuk menghemat waktu persiapan. Misalnya, siapkan ayam suwir dalam jumlah agak banyak dan simpan di kulkas. Ayam suwir ini bisa digunakan untuk membuat bekal seperti sandwich, tumisan, dan nasi goreng.

Gizi lengkap

Kandungan gizi dalam resep bekal makan siang tetap harus lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jangan sampai lesu atau kelaparan di kantor gara-gara bekal makan siang kurang lengkap. Pastikan dalam bekal kamu ada sayuran dan protein. Kamu juga bisa menyertakan buah dalam bekal. Karbohidrat sehat dari gandum, beras merah atau cokelat, bisa dimasukkan dalam menu bekal.

Praktis

Bekal makan siang harus mudah dibawa dan mudah dinikmati. Bekal yang disiapkan juga idealnya bisa dinikmati tanpa harus dipanaskan. Karena itu, sajian yang ditumis, dikukus, atau digoreng lebih mudah dijadikan bekal. Sajian seperti sup juga bisa jadi bekal bila disimpan dan dibawa dalam termos khusus. Kalau di kantor tidak ada microwave atau alat pemanas, ada baiknya menghindari sup sebagai bekal.

Tampilan

Bukan berarti tampilan bekal harus secanggih hidangan di restoran, ya. Bekal makan siang juga bisa tampil cantik dengan bahan-bahan segar berwarna cerah. Kamu bisa membuat resep bekal makan siang berupa nasi goreng dengan bahan tammbahan paprika merah, kacang polong, dan buncis. Salad pun jadi lebih menarik dengan berbagai buah dan sayuran berwarna cerah.

Kemas dengan benar

Bekal makan siang tentu harus dikemas dengan benar agar tidak mudah basi. Pastikan wadah yang digunakan benar-benar bersih, kering, dan tertutup rapat. Bila bekal masih panas setelah disiapkan pada pagi hari, tunggu sampai agak dingin sebelum menutup wadahnya. Wadah berinsulasi membantu menjaga kestabilan suhu bekal sehingga tetap segar dan tidak mudah rusak.

Dengan tips di atas, sahabat Ngenetyuk bisa coba beberapa sajian yang cocok dijadikan menu bekal makan siang. Selamat mencoba.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *