Pelajaran Sejarah SD, Apakah Kamu Ingat Kerajaan di Indonesia Ini?

Bagaimana sahabat Ngenetyuk, lima kerajaan di Indonesia ini pernah kita pelajarin sebelumannya. Apakah kamu sudah ingat lagi nama-nama sejarah kerajaan di Indonesia?


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Kerajaan di Indonesia
Kerajaan di Indonesia

Ngenetyuk.com, Infosiana – Pasti kamu masih kebayang dan ingat saat duduk di bangku sekolah dasar (SD). Kala itu, kamu mendapat pelajaran dan tugas rumah oleh ibu Guru-mu tentang sejarah dan kerajaan di Indonesia.

Lantas, apakah kamu ingat nama-nama kerajaan di Indonesia yang pernah ada di Bumi Pertiwi Indonesia?

Nah, untuk mengisi hari libur kamu di akhir pekan, sahabat Ngenetyuk kita ingat-ingat lagi yuk sejarah kerajaan di Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Kerajaan Majapahit

Kamu mungkin udah gak asing dengan kerajaan yang satu ini. Berpusat di Jawa Timur, kerajaan bercorak Hindu-Buddha ini berdiri dari tahun 1293 hingga 1500. Didirikan oleh Raden Wijaya, kerajaan ini justru mencapai puncaknya saat masa kejayaan Hayam Wuruk dengan patihnya yang terkenal yakni Gajah Mada.

Nah, salah satu peninggalan Majapahit yang paling terkenal adalah Candi Jabung. Bangunan suci ini merupakan candi yang bercorak Buddha yang dibuat untuk tiga dewa yang ada pada ajara Buddha. Candi ini sendiri memiliki kemiripan beberapa candi di wilayah Jawa Timur, yakni bahan bakunya yang terbuat dari batu bata merah, relief bunga teratai, dan adanya pintu pada badan candi

2. Kerajaan Mataram Kuno

Pelajaran Sejarah SD, Apakah Kamu Ingat Kerajaan Ini?

Bisa dibilang, Kerajaan Mataram Kuno merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha terbesar yang ada di Pulau Jawa dengan raja-rajanya seperti Mpu Sindok dan Rakai Pikatan. Peninggalannya yang paling terkenal adalah candi-candinya yang kini jadi situs warisan budaya yang dilindungi oleh UNESCO. Di antaranya adalah Candi Prambanan, Candi Sewu, dan Candi Borobudur.

Makna toleransi juga bisa terlihat lho pada Kerajaan Mataram Kuno. Ada pemerintahan yang bernafaskan agama Hindu, ada juga yang bernafaskan Buddha. Hal itu bisa terlihat pada candi yang dibangun. Candi Prambanan memiliki nafas Hindu sementara Candi Sewu yang dibangun berdekatan memiliki nafas Buddha. Unik ya!

3. Kerajaan Demak

Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Demak sendiri didirkan oleh Radan patah di tahun 1478 dan menduduki tahta hingga 1518. Nah, yang membuat kerajaan ini cukup berpengaruh di Indonesia adalah karena menjadi tempat lahirnya Wali Songo yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Dikenal sebagai kota santri, Masjid Agung Demak sebagai salah satu peninggalannya juga gak bisa ketinggalan. Dahulunya, masjid ini merupakan tempat berkumpulnya Wali Songo untuk melakukan pembahasan dan menyebarkan agama islam lewat dakwah. Bahkan, saka guru atau tiang penopang masjid tersebut dibuat oleh beberapa anggota Wali Songo, seperti Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, dan Sunan Ampel.

Di dalam kompleks tersebut juga terdapat makan raja-raja Demak termasuk abdinya lho. Salah satunya adalah Raden Fatah beserta istri dan putranya.

4. Kerjaan Singasari

Bisa dibilang Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang bertahan tidak cukup lama, yakni dari tahun 1222 hingga 1292. Berpusat di Jawa Timur, tepatnya di sebelah utara kota Malang, kerajaan ini pertama kali dipimpin oleh Ken Arok.

Masa pergantian raja Singasari pun hanya berputar pada masing-masing keturunan Ken Arok dan Tunggul Ametung atas dasar balas dendam setelah Ken Arok dulunya membunuh Tunggul Ametung sebelum jadi raja pertama Singasari. Hingga pada akhirnya Singasari mencapai masa kejayaannya lewat rajanya yang paling terkenal, Kertanegara.

Candi Jawi, merupakan salah satu peninggalan Singasari yang hingga kini masih berdiri kokoh. Berlokasi di daerah Pasuruan tepatnya di Desa Candiwates, ada perbedaan pendapat mengenai fungsi candi ini. Ada yang mengatakan bahwa candi ini merupakan tempat penyimpanan abu jasad Raja Kertanegara, ada juga yang mengatakan bahwa candi ini merupakan tempat pemujaan untuk para dewa.

5. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang sangat berpengaruh di Indonesia. Ia menjadi pusat penyebaran agama Buddha di Indonesia dari abad ke-8 hingga ke-12. Berbasis di pulau Sumatera, kekuatan kerajaan ini terletak pada perdangangannya.

Nah, untuk mengangkat kembali nilai-nilai tradisional dalam frame kejayaan Sriwijaya, Pemerinta Sumatera Selatan mengadakan kegiatan rutin bernama Festival Sriwijaya lho. Festival Sriwijaya sendiri diadakan di lokasi kerajaan tersebut berdiri, tepatnya di Situs Karang Anyar yang sekarang menjadi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

Di festival ini, pengunjung bisa melihat berbagai pertunjukan seperti pertunjukan teater yang menggambarkan kejayaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar di Indonesia. Gak cuma teater, kamu juga bisa menyaksikan kesenian lain seperti pementasan tari Gendeng Sriwijaya hingga pesta kuliner khas Sumatera.

Bagaimana sahabat Ngenetyuk, lima kerajaan di Indonesia ini pernah kita pelajarin sebelumannya.

Nah, itu dia tadi lima kerajaan di Indonesia yang pernah kita pelajarin sebelumnya di zaman sekolah. Gimana? Jadi ingat lagi ‘kan sama beragamnya kerajaan yang ada di Indonesia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More From: Infosiana

DON'T MISS