Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Hiburan – Selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, ada beberapa perubahan pola makan dan aktivitas sehingga mempengaruhi metabolitas.

Dengan begitu, wajar saja jika anda tengah berpuasa sering terasa ngantuk. Nah, berikut ini ulasannya.

Anda merasa ngantuk saat puasa hal itu disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian alias jam biologis tubuh. Ritme sirkadian sendiri adalah jadwal kerja berbagai sistem serta organ tubuh manusia.

Baca Juga
Intip Mobil Mendiang Nike Ardilla, Nomor 3 Bikin Cowo Jadi Iri
Intip Rumah Nike Ardilla, Benda dan Koleksi Penyanyi Legendaris Asal Bandung
Hati Hati Komentar di Sosial Media, Anda Bisa Berurusan dengan Hukum

Dikutip dari laman Hallo Sehat, Ritme sirkadian yang mengatur siklus bangun-tidur pada manusia adalah siklus yang paling mudah diamati sehari-harinya.

Ritme ini diatur oleh saraf hipotalamus yang terletak di otak manusia. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tubuh memerlukan tidur agar tetap sehat dan menjaga fungsi fisik dan sosial, oleh karena itu pola tidur dihubungkan dengan bagaimana performa seseorang di siang hari.

Maka dari itu, di bulan Ramadan mengharuskan umat Islam untuk berpuasa di siang hari. Ini bisa berdampak pada perubahan pola tidur.
Aktivitas seperti makan, minum, interaksi sosial, dan olahraga sering kali ditangguhkan sampai malam hari, sehingga mengurangi jam tidur dan kualitas tidur di bulan Ramadan.

Perubahan ini, walaupun tidak parah, dapat menyebabkan seseorang mengantuk atau tidak konsentrasi di siang hari.

Nah, bagaimana menurut anda sahabat Ngenetyuk. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *