Perhatikan Ini Jika Anda Ingin Bangun Rumah di Bali

Bali menjadi tempat tujuan wisatawan domestik dan internasional. Ternyata, untuk memiliki rumah impian di Bali tidak semudah yang anda bayangkan.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Rumah khas Bali
Rumah khas Bali

Ngenetyuk.com, Infosiana – Kurang lebih 2 dekade silam bahwa Bali menjadi tempat tujuan wisatawan domestik dan internasional. Ternyata, untuk memiliki rumah impian di Bali tidak semudah yang anda bayangkan.

Seperti dituturkan oleh Widi Adnyana pewarta Bisnis, Ia mengatakan salah seorang anggota komunitas Indonesian Young Architect (IYA) yang membuat salah satu desain rumah seluas 100 meter persegi untuk tiga generasi menyatakan ada banyak keunikan dan tantangan perumahan di Bali.

Baca Juga
Seniman Putar Otak Akibat Kebangkitan Animasi Tiongkok
Hotel Kapsul, Cocok Untuk Traveler
Intip Keindahaan Pulau Maratua yang Dikenal Wisatawan Dunia

Pertama, umumnya rumah-rumah di Bali adalah rumah tradisional yang mempunyai tata letak dan bangunan yang luas dan hanya satu lantai saja. Beberapa keunikan lain adalah menempatkan dapur di bagian depan, ada ruang bersama, ada ruang yang sengaja dibuat lebih kotor, dan ada area suci.

“Tata letak itu kayak semacam culture yang dijadikan aturan pemerintah. Nah, jadi challenge arsitek di Bali yang sangat kecil dan terbatas membuat tanah di Bali menjadi sangat mahal, sementara meski memakai aturan menjadi rancu karena implementasinya,” tutur Widi kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, ia memaparkan bahwa rumah di Bali yang dibangun vertikal tidak bisa terlalu tinggi. Paling tinggi bangunan hanya mencapai 15 meter.

Seperti diketahui bahwa pemerintah juga membuat aturan yang menyatakan untuk area tanah luas bisa mengajukan izin pembangunan untuk tanah yang kecil. Padahal harga tanah di Bali melesat dengan cepat.

“Area yang terbangun jadi sangat kecil, padahal harga tanahnya mahal. Nah untuk setiap arsitek sebenarnya mereka punya gaya bagaimana caranya membangun masing-masing dengan berbeda-beda,” urai Widi.

 


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *