Pesta Boneka 2018 Digelar di Yogyakarta

Pesta Boneka yang merupakan sebuah ruang untuk bertemu dan berinteraksi, tidak hanya bagi para seniman teater boneka dari Indonesia dan berbagai penjuru dunia, tetapi juga bagi siapa saja.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Pesta Boneka
Pesta Boneka

Ngenetyuk.com, Infosiana – Tak hanya anak anak yang suka dengan boneka. Orang dewasa pun saat ini sudah mulai suka, memiliki bahkan mengoleksi berbagai macam boneka.

Kini, ada pagelaran yaitu Pesta Boneka yang merupakan sebuah ruang untuk bertemu dan berinteraksi, tidak hanya bagi para seniman teater boneka dari Indonesia dan berbagai penjuru dunia, tetapi juga bagi siapa saja.

Dengan adanya pagelaran Pesta Boneka, publik diharapkan bisa melihat bagaimana teater boneka digunakan dan berperan dalam menyampaikan pesan, dan ikut terlibat di dalamnya.

Baca Juga
Cara Mengetahui Sahabat Membenci Anda
Jadwal Pertandingan Liga 1 2018 Indonesia Pekan ke 25
Terungkap Seseorang Memakai Wig

Memilih tema “The Journey”, Pesta Boneka tahun ini mengajak semua orang untuk merayakan makna atas sebuah perjalanan, pengalaman, dan penghargaan atas keragaman budaya yang kita temui.

Pesta Boneka 2018 sudah keenam kalinya diadakan, tepatnya di IFI Yogyakarta dan Java Poetry Resto (12 – 13 Oktober 2018) dan Desa Kepek – Bantul (14 Oktober 2018). Pemilihan lokasi yang berbeda, tidak hanya dalam artspace tapi juga di desa, bertujuan memberikan tantangan bagi para seniman untuk saling berinteraksi.

Seperti dilansir dari laman Piknikdonk, Tahun ini merupakan kali pertama Pesta Boneka membuka pendaftaran bagi peserta. Proses kurasi pun dilakukan oleh Ria, mulai dari profil seniman hingga proses kekaryaannya, dan yang paling penting, keinginan seniman itu sendiri untuk berbagi.

Melalui berbagai proses ini, pada akhirnya sebanyak 29 grup/seniman multi disiplin dari 17 negara, seperti Indonesia, Jepang, Thailand, Amerika Serikat, Canada, Argentina, Australia, Polandia dan Perancis akan hadir dan mempresentasikan proses kreatif mereka dalam 31 sesi pertunjukan selama tiga hari pelaksanaan festival.

Bagi publik yang ingin menyaksikan pertunjukan, tidak akan dipungut biaya tetapi cukup dengan memberikan donasi berupa buku cerita anak (non-religi).

Tak hanya pertunjukan pesta boneka, di acara ini juga ada 17 sesi lokakarya digelar sejak bulan September hingga 14 Oktober 2018, bersamaan dengan sesi diskusi/bincang seniman dan pemutaran film.

Untuk memeriahkan acara ini ada menu Pesta Boneka #6, When Puppeteers Cook tentu tak boleh dilewatkan. Diawali dengan belanja di pasar tradisional, nantinya tiap grup seniman akan memasak makanan favoritnya untuk disantap bersama warga Desa Kepek dan seluruh pengunjung.

Nah, bagaimana mana menurut anda sahabat Ngenetyuk. Jika anda yang sedang berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Yuk merapat untuk meramaikan Pesta Boneka yang ke 6 ini.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *