Pihak Mitsubishi Beri Pernyataan Resmi Soal Pajero Sport Berhenti Produksi

Kami telah memulai ekspor XPANDER di April 2018 dan produk ini sangat diterima tidak hanya di Indonesia melainkan juga di negara-negara lain


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Pajero Sport
Pajero Sport

 

Ngenetyuk.com, Otomotif – Demi meningkatkan produksi Mitsubishi Xpander, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) harus rela memberhentikan sementara produksi Pajero Sport.

Kabar beredar, Mitsubishi menghentikan sementara waktu produksi Pajero Sport versi lokal di pabriknya di Bekasi. Namun, Mitsubishi akan mengimpor Pajero Sport dari Thailand dalam bentuk CBU.

Langkah ini katanya karena jatah produksi di pabriknya akan dipinjam untuk memperbanyak produksi si fenomenal Xpander.

Klaim ini datang dari Kementerian Perindustrian, melalui Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan.

Beliau mengungkapkan Osamu Masuko selaku Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada Oktober kemarin datang ke Indonesia.

Baca Juga
Pagi Ini, Nias Barat Diguncang Gempa 5,9 SR
Hindari Motor Mogok Disaat Musim Hujan, Periksalah Bagian Mesin dan Part Ini
Hindari Benda Ini Jika Memberi Hadiah Untuk Kekasih

Saat itu, Masuko antara lain meminta izin mengalihkan status Pajero Sport dari rakitan lokal (Completely Knock-Down/CKD) menjadi impor unit utuh (Completely Built-Up/CBU) untuk sementara.

Bagaimana tanggapan Mitsubishi Indonesia? Katanya sih masih menutup mulut untuk berkomentar mengenai hal ini.

Seperti dikutip dari laman Uzone.id bahwa Mitsubishi Indonesia memberikan pernyataan resmi terkait Mitsubishi Pajero yang produksinya berhenti sementara waktu.

“Kami telah memulai ekspor XPANDER di April 2018 dan produk ini sangat diterima tidak hanya di Indonesia melainkan juga di negara-negara lain.

Untuk dapat menyediakan XPANDER ke banyak konsumen sesegera mungkin, kami telah memutuskan untuk meningkatkan produksi di MMKI.

Saat ini kami bekerja keras untuk memperluas perlengkapan produksi serta meningkatkan tenaga kerja di MMKI, namun untuk segera memenuhi permintaan yang telah ada.

Kami berkonsultasi dengan pemerintah untuk dapat melakukan impor sementara untuk Pajero Sport dari Thailand dan mempergunakan lini produksinya untuk memproduksi XPANDER

Kami akan terus meningkatkan bisnis produksi dan penjualan untuk berkontribusi pada ekonomi di Indonesia,” tulis keterangan resmi Mitsubishi Indonesia.

Sebagai informasi, Pajero Sport dirakit di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi mulai April 2017 setelah sebelumnya diimpor CBU dari Thailand.

Kebijakan impor CBU Pajero Sport sendiri rencananya tidak berlangsung lama, yakni hanya sekitar satu tahun sampai ekspansi kapasitas produksi pada 2020 dilakukan.

Kapasitas produksi Xpander akan terus ditambah, dari awalnya 80 ribu unit per tahun menjadi 115 unit tahun ini.

Pada 2019, kapasitasnya ditingkatkan lagi menjadi 150 ribu unit setahun.

Mitsubishi akan mengumumkan lagi peningkatan kapasitas perakitan Xpander pada 2020 menjadi 160 ribu unit per tahun dengan investasi tambahan lagi sebesar 4 miliar yen atau lebih dari Rp 500 miliar.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *