Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Masa Pertumbuhan Bayi, Orangtua Wajib Melatih Mata Anak
Masa Pertumbuhan Bayi, Orangtua Wajib Melatih Mata Anak

Ngenetyuk.com, Sehat – Menginjak usia 3 bulan, bayi tidak hanya mengembangkan kemampuan motorik, tapi juga pola tidurnya. Pada usia ini, umumnya bayi akan mulai tidur lebih lama di malam hari dibandingkan sebelumnya.

Tidur yang cukup pada bayi usia 3 bulan sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pasalnya, saat bayi tertidur, tubuhnya akan mengaktifkan hormon-hormon yang dapat menunjang perkembangannya. Tidak hanya itu, bayi 3 bulan yang cukup tidur juga lebih jarang terkena berbagai penyakit infeksi.

Baca Juga
Cara Mengatasi Kulit Merah Pasca Facial
Belum Resmi Pacaran, Ini Cara Mengatasi Baper dan Pikiran Negatif
Melody Eks JKT 48 Panen Pujian Saat Unggah Foto Ini

Seperti dikutip Alo Dokter, pola Tidur Bayi 3 Bulan

Umumnya jam tidur bayi 3 bulan sama seperti bayi 1 bulan, yaitu sekitar 14-16 jam dalam sehari. Bedanya, ada perubahan pada durasi dan pola tidur bayi usia ini. Pada usia 3 bulan, bayi akan tidur lebih lama pada malam hari dibandingkan pada siang hari. Durasi waktu tidur bayi di malam hari sekitar 10-11 jam, sedangkan tidur siangnya sekitar 4-5 jam.

Perubahan durasi dan pola tidur pada bayi 3 bulan ini dipengaruhi oleh pertumbuhan lambungnya. Saat ukuran lambung bayi sudah lebih besar, air susu ibu (ASI) dan susu formula yang dapat ditampung juga akan lebih banyak, sehingga bayi tidak sering terbangun di malam hari karena rasa lapar.

Perlu diingat, tidak semua bayi usia 3 bulan memiliki durasi dan pola tidur yang sama. Jadi, jangan khawatir bila Si Kecil memiliki jadwal dan lama waktu tidur yang berbeda. Bunda juga harus tetap bersiap memberikan ASI atau susu formula pada Si Kecil jika ia terbangun di tengah malam.


Like it? Share with your friends!

Adriana