Sakit Radang Tenggorokan?, Coba Minum Jenis Teh Ini

Teh mengandung kaya antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh, contohnya virus flu dan pilek.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Sehat – Pergantian musim tidak menutup kemungkinan anda terserang penyakit, salah satunya radang tenggorokan. Namun, anda tak usah kuatir karena ada beberapa cara untuk mengobatinya.

Minum minuman hangat memang layak untuk mengatasi atau mengobati radang tenggorokan. Ya, sensasi hangatnya ternyata cukup membantu meredakan efek nyeri saat menelan dan perih di tenggorokan.

Nah, sabahat Ngenetyuk bisa memilih minum teh hangat dalam hal ini. Dari sekian banyak jenis teh yang ada, ternyata ada beberapa jenis teh yang diyakini cukup ampuh mengobati radang tenggorokan.

Baca Juga

  1. Manfaat dan Khasiat Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit
  2. Buah Merah Papua Bagus Untuk Kesehatan dan Kecantikan
  3. Tips Menjaga Kesehatan Jelang Musim Hujan

Teh mengandung kaya antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh, contohnya virus flu dan pilek. Tubuh membutuhkan antioksidan ini untuk membangun sistem imun yang lebih kuat dan memperbaiki jaringan yang telanjur rusak akibat infeksi tersebut.

Tidak hanya itu, teh hangat yang diminum rutin juga dapat membantu mengencerkan lendir yang berkumpul di tenggorokan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan risiko iritasi tenggorokan yang semakin parah.

Yuk coba teh berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber antara lain Hello Sehat.

Teh jahe

Teh jahe sering kali diandalkan untuk mengobati radang tenggorokan. Bukan cuma menghangatkan tubuh, sensasi pedas manisnya juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

Gingerol dan fenol, dua senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Karena itulah, manfaat teh jahe untuk mengobati radang tenggorokan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Teh kunyit

Tak jauh berbeda dengan teh jahe, kunyit juga bisa Anda manfaatkan menjadi teh, lho. Anda tak perlu repot-repot menggerus atau merebus kunyit karena sekarang ini sudah banyak tersedia teh kunyit siap seduh.

Kunyit mengandung antioksidan, antiradang, dan antiseptik yang dapat meringankan gejala radang dan iritasi di tenggorokan. Untuk meraup manfaat ini, buatlah secangkir teh kunyit dan tambahkan sesendok madu untuk menambah rasa manis di dalamnya.

Teh akar licorice

Akar licorice adalah tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai pemanis permen dan minuman. Nah, bahan alami yang satu ini juga dipercaya dapat membantu mengobati radang tenggorokan yang menyiksa.

Menurut sebuah penelitian dari Chinese Academy of Medical Sciences tahun 2015, akar licorice mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan. Selain langsung diminum, Anda juga dapat berkumur-kumur dengan teh akar licorice untuk merasakan manfaatnya..

Bagaimana menurut anda sahabat Ngenetyuk. Semoga bermanfaat ya


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *