Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Selamat Hari Batik Nasional
Selamat Hari Batik Nasional

Ngenetyuk.com, Infosiana – Setiap tanggal 2 Oktober, masyarakat di seluruh Tanah Air meryakan Hari Batik Nasional. Pasalnya, sejak tahun 2009, Indonesia selalu memperingati Hari Batik Nasional.

Perayaan Hari Batik Nasional muncul setelah badan PBB untuk kebudayaan, UNESCO, menetapkan batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the oral and intangible Heritage of Humanity).

UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pengukuhan tersebut dikuatkan pula dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Baca Juga
Malioboro Night Coffee Festival Bagikan Kopi Gratis
Fenomena Alam Pasca Bencana Alam di Donggala dan Palu Sulawesi Tengah
Kuliner Telur Ikan Kakap Bumbu Kuning, Ini Resep Citra Rasa Luar Biasa

Sejak itulah masyarakat Indonesia mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga pejabat kerap dianjurkan mengenakan batik setiap 2 Oktober.

Sebelum ditetapkan UNESCO, batik pernah diakui oleh negeri Jiran, Malaysia, hingga akhirnya masyarakat menjadi tersadar bahwa batik merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan, hingga akhirnya Pemerintah Indonesia bergerak mendaftarkan batik ke UNESCO pada 2008.

Batik berhasil diakui dunia internasional sebagai warisan budaya asli Indonesia, di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Teknik, simbolisme, dan budaya yang melingkupi kain katun atau sutra yang diwarnai secara manual, yang dikenal sebagai Batik Indonesia, meresap dalam kehidupan orang Indonesia, dari awal hingga akhir,” demikian bunyi yang dikutip dari situs UNESCO, Selasa (2/10/2018).

 


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *