Sisi Positif Orang Suka Menangis

Manfaat menangis


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Infosiana – Sebagian orang mengatakan bahwa orang menangis itu identik cengeng karena ketakukan atau lemah. Namun, di sisi lain, menangis punya dampak positif lantaran anda bisa merasa ngeplong pikirannya ketika air mata sudah keluar.

Baca Juga
Anda Harus Tahu, Cara Merawat Sneakers di Musim Hujan
Tips Menggunakan Sneakers Saat Musim Hujan
Terungkap Alasan Wanita Suka Pakai Sneakers Warna Putih

Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan emosi, menangis pun ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut lima manfaat menangis seperti dikutip dari Boldsky.com

Meredakan stres

Kondisi stres bisa membuat seseorang menangis. Tapi, menurut sejumlah penelitian, menangis itulah yang pada akhirnya membantu meredakan stres hingga depresi.

Menangis sekaligus melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan atau hanya dipendam dalam hatk. Setelah menangis, perasaan biasanya akan menjadi lebih lega.

Membuang racun tubuh

Saat stres, muncul zat bersifat racun yang meningkatkan hormon kortisol. Dengan menangis, racun-racun dalam tubuh pun ikut dikeluarkan melalui tetesan air mata. Tubuh akan terasa menjadi lebih baik setelah menangis.

Membunuh bakteri

Dalam penelitian yang pernah dilakukan, air mata mengandung enzim yang disebut lisozim. Lisozim diketahui memiliki sifat antibakteri sehingga memungkinkan untuk membunuh bakteri secara alami

Mencegah mata kering

Menangis justru dapat mencegah mata, keemerahan, hingga iritasi. Air mata akan melumasi bola mata sehingga tetap lemvab. Namun, bukan berarti harus terus menangis.

Meningkatkan suasana hati

Perasaan lega setelah menangis artinya telah membuang emosi negatif dan mendapatkan energi positif kembali.

Setelah menangis, suasana hati pun menjadi lebih baik dan meningkatkan endorfin atau hormon bahagia di otak

Nah, itulah beberapa hal yang sahabat Ngenetyuk perlu tahu. Ya, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *