Terkuak, Alasan Ban Mobil dan Motor Berwarna Hitam

Terkuak, Alasan Ban Mobil dan Motor Berwarna Hitam. ban menjadi berwarna hitam karena penggunaan materiel karbon (Carbon Black) yang dicampurkan pada bahan karet. warna hitam itu bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ban saat digunakan.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Terkuak, Alasan Ban Mobil dan Motor Berwarna Hitam
Terkuak, Alasan Ban Mobil dan Motor Berwarna Hitam

Ngenetyuk.com, Otomotif – Para pemilik kendaraaan roda empat atau roda dua, apakah anda pernah berpikir kenapa ban itu berwana hitam?. Tapi, usut diusut, ban warna hitam itu punya alasan dan maksud tujuan tertentu. Ini penjelasannya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, teknologi ban modern, bermula sejak Ford Model T pertama kali diluncurkan, yaitu pada 1908. Disebut ban modern, karena ada beberapa perbedaan dengan jenis ban sebelumnya seperti ukuran, bahan pembuat, struktur ban hingga warna ban.

Ya, awalnya ban mobil itu punya warna putih, lho. Coba deh, lihat beberapa Ford Model T, masih ada yang menggunakan ban berwarna putih.

Baca Juga: 
Inul Daratista Beli Raket Jonatan Christie Seharga 200 Juta
Sekali Unggah, Selebgram Ini Terima Bayaran Ratusan Juta
Perawatan Tradisional Paling Fenomenal di Seluruh Dunia

Usut punya usut, kenapa zaman dahulu ban punya warna putih karena itulah warna alami dari karet, bahan pembentuk ban, seperti dilansir Jalopnik.

Sedangkan dalam perkembangannya, ban menjadi berwarna hitam karena penggunaan materiel karbon (Carbon Black) yang dicampurkan pada bahan karet. Inovasi ini terjadi sekitar tahun 1917.

Ternyata, penggunaan warna hitam itu bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ban saat digunakan. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Jack Koenig, seorang ahli kimia dalam bukunya yang berjudul ‘Spectroscopy of Polymers’. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa ban tanpa campuran carbon black hanya bertahan hingga jarak 8.000 kilometer.

Sedangkan dalam masa pakai ban selama satu tahun, setidaknya mobil akan digunakan untuk bepergian hingga jarak di atas 20.000 kilometer.

Selain itu, Michelin, sebagai produsen ban terkemuka di dunia juga mengatakan kalau komposisi carbon black dalam pembuatan sebuah ban, sekitar 15 sampai 30 persen. Gunanya, agar ban lebih tahan lama dan warna hitam juga dianggap lebih mampu tahan terhadap sinar ultraviolet. Warna hitam juga meningkatkan daya cengkeram dan pengendalian, lho.

Ternyata pemilihan warna hitam pada ban itu ada maksudnya ya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda ya sahabat Ngenetyuk.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *