Waspada Penikmat Shisha dan Vape, Ini Efek Sampingnya

berhenti merokok sebagai solusi pencegahan utama kanker paru


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Sehat – Penyakit kanker paru paru muncul dari berbagai pola hidup yang kurang sehat salah satunya anda sebagai perokok aktif ataupun pasif.

Jika, anda sudah divonis kanker paru-paru. Mungkin, anda sudah terlalu parah menghisap asap rokok baik rokok tembakau ataupun elektrik alias vape hingga shisha.

Baca Juga
Kuliner Jaman Now yang Fenomenal di Tahun 2018, Mana Kesukaan Anda?
Selain Gudeg, Burger Monalisa Kuliner Legendaris Yogyakarta
Kuliner, Resep Ayam Goreng Bawah Putih Lezat Manis dan Pedas

Bukan nikotin yang meningkatkan adiksi racun melainkan ada faktor kimia senyawa yang disebabkan oleh vape atau shisha yang memicu sel kanker.

“Risiko serupa sebetulnya juga ditanggung mereka yang memilih vape atau rokok elektrik. Bukan nikotin yang meningkatkan adiksi, tapi senyawa lain yang memicu pertumbuhan sel kanker,” kata dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr. Agus Dwi  Susanto SpP (K) kepada awak media, Senin (17/12/2018).

Dalam kesempatan itu dr Agus memaparkan bahwa shisha yang berbahan utama tembakau mengandung senyawa yang tidak jauh beda dengan rokok konvensional. Dikutip dari laman Detik Health, proses pembakaran dan asapnya melepaskan senyawa benzena dan asetaldehida yang memicu kanker.

Sedangkan rokok elektrik mengandung gliserol dan formaldehida yang bersifat karsionegenik. Risiko kanker paru juga ditanggung mereka yang berada di sekitar konsumen shisha dan rokok elektrik.

Oleh karena itu, dr Agus kembali mengingatkan untuk berhenti merokok sebagai solusi pencegahan utama kanker paru. Berhenti merokok tidak hanya diterapkan pada produk konvensional tapi juga yang shisha dan eletrik.

Berhenti merokok menyelamatkan diri sendiri dan orang-orang di lingkungan sekitar ya sahabat Ngenetyuk. Ya, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jaga kesehatan anda, keluarga dan orang tercinta ya.


Like it? Share with your friends!

Adriana

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *