Awas, Virus Zika Sudah Sampai Indonesia

'Saya tidak bisa sebut angka pastinya, hanya ada beberapa. Laporan yang masuk ke saya tidak banyak,' kata Nila di Istana Negara, Selasa (30/8) seperti dikutip Antara.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (google)

NgenetYuk! Infosiana – Perjalanan epidemic virus zika, ternyata sudah mulai menghantui Indonesia. Seperti diungkapkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, yang tak menyanggah bila di tanah air sudah ada sejumlah orang yang teridentifikasi virus zika. Satu orang yang teridentifikasi merupakan anak dari Suku Anak Dalam di Jambi dan turis yang pulang berwisata dari luar negeri.

“Saya tidak bisa sebut angka pastinya, hanya ada beberapa. Laporan yang masuk ke saya tidak banyak,” kata Nila di Istana Negara, Selasa (30/8) seperti dikutip Antara.

Menurutnya, virus zika di Suku Anak Dalam ditemukan oleh peneliti yang sedang melakulan observasi terhadap demam berdarah. Dari hasil penelitian ternyata juga ditemukan demam yang disebabkan oleh virus zika.

Nyamuk yang diduga penyebab penyebaran virus zika. (istimewa)

Adapun turis yang positif zika teridentifikasi oleh petugas kesehatan di bandara. Wisatawan dari luar negeri yang pulang dalam keadaan demam langsung mendapatkan pemeriksaan kesehatan untuk diketahui penyebabnya.

Namun, Nila memastikan turis yang positif zika tidak membawa virus tersebut dari Brazil, negara dengan ribuan kasus zika ditemukan. Menurut dia, Kementerian Kesehatan juga sudah melakukan pemeriksaan pada sejumlah orang yang pulang dari Brazil untuk mengikuti Olimipade. Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan adanya demam yang serius.

“Dan di Singapura yang kena itu juga dikatakan tidak membawa pulang dari Brazil,” kata dia.

Menurut Menkes, penemuan ini sebenarnya tak mengejutkan mengingat nyamuk yang membawa virus zika adalah jenis nyamuk yang sama pada demam berdarah dengue. Jenis nyamuk tersebut memiliki nama aedes aegypti. Karenanya, ada kemungkinan virus zika juga muncul di Indonesia.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *