Buru Alien, Tiongkok Buat Teleskop Raksasa

Teleskop yang memiliki pemantul seluas 30 lapangan bola itu terletak di antara daerah pegunungan di wilayah Guizhou, dan mulai bekerja sekitar tengah hari pada Minggu mendatang.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Teleskop FAST (dailymial)

NgenetYuk! Dunia – Diam-diam Pemeri

ntah Tirai Bambu Tiongkok berambisi juga menyelediki mahluk asing atau alien. Tak tanggung tanggung pula, demi ambisi itu, Tiongkok membuat Teleskop Radio Apertus Sphere 500M (FAST) yang dibangun dengan biaya Rp2,3 triluin.

Seperti yang dilansir Daily Mail Teleskop yang memiliki pemantul seluas 30 lapangan bola itu terletak di antara daerah pegunungan di wilayah Guizhou, dan mulai bekerja sekitar tengah hari pada Minggu mendatang.

Pemerintah Tiongkok akan menggunakan fasilitas tersebut untuk mencari tanda-tanda kehidupan di luar bumi selain memantau pulsar jarak jauhyaitu neutron bintang yang terpercaya ada kaitan dengan ledakan supernova.

Menurut Direktur Pusat Pemantauan Astonomi Nasional (NAO) Yan Jun, teleskop itu menunjukkan tingkat kemampuan bidang astronomi Tiongkok yang berkelas dunia.

Yan Jun mengatakan, berdasarkan tes yang dilakukan sebelum peluncuran, pihaknya mendeteksi gelombang elektromagnetik yang tercetus oleh pulsar dengan jarak lebih 1.300 tahun cahaya.

Ilmuwan Tiongkok sebelum ini menghabiskan waktu selama enam dekadeuntuk memburu makhluk asing dan harapan tersebut ditempatkan pada teleskop FAST.

Kemegahan FAST ini akan mengungguli Observatorium Arecibo, diAmerika Serikat, baik dari segi luas serta kualitasnya.

Dilansir Want China Times, Kepala ilmuwan dari National Astronomy Observatory of China, Li Di menuturkan, FAST akan difasilitasi dengan 4.400 panel reflektif aktif yang masing-masingnya dapat disesuaikan untuk meningkatkan resolusi, sensitivitas, dan kecepatan menangkap benda luarangkasa.

Selain itu, tempat yang dikelilingi oleh pegunungan membantu untuk memblok sinyal dari luar seperti ponsel, radar, dan satelit.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *