Ilmuwan Khawatir Uji Coba Nuklir Korea Utara Membuat Gunung Tertinggi di Semenanjung Korea Meletus

Mereka khawatir Gunung Baekdu meletus saat Korea Utara meluncurkan uji coba senjata nuklirnya di perbatasan Cina dan Korea Utara.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Korea Utara pamer kekuatan nuklirnya. (pubinfo)

NgenetYuk.com, Dunia. Lagi-lagi kabar buruk meruyak dari Semenanjung Korea. Di tengah panasnya nacaman berkobarnya perang besar di semenanjung tersebut, Pemerintah Korea Utara terus mengintimidasi pihak musuh dengan melakukan uji coba nuklir yang dahsyat. Bahkan rencananya Korea Utara akan melakukan uji coba peluncuran senjata nuklirnya yang kelima. Dahsayatnya, uji coba nuklir ini dikhawatirkan akan membuat Gunung Baekdu, gunung tertinggi di Semenanjung Korea, meletus.

Sebagaimana diungkapkan sejumlah ahli, seperti dilansir Korean Times, mereka khawatir Gunung Baekdu meletus saat Korea Utara meluncurkan uji coba senjata nuklirnya di perbatasan Cina dan Korea Utara.

Inilah Gunung Baekdu yang terancam meletus itu.

“Pasti terjadi letusan besar, membunuh ribuan warga Cina dan Korea Utara. Dan Cina sudah bertahun-tahun mengkhawatirkan Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, akan menyebabkan gunung meletus,” kata Bruce Bennett, analis pertahanan senior di Rand Corporation.

BACA JUGA

Punggye-ri merupakan area uji coba peluncuran senjata nuklir Korea Utara. Letak Punggye-ri sekitar 130 kilometer dari Gunung Baekdu. Sekitar 1,6 juta orang tinggal di sepanjang 100 kilometer dari gunung itu.

“Dari 50 kiloton sampai 100 kiloton akan berpotensi menimbulkan kerusakan serius,” kata Amy Donovan, pengacara geografi dan bahasa lingkungan di King’s College London, Inggris.

Gunung Baekdu terakhir kali meletus pada 1903. Belum ada data pasti tentang kondisi dan kedalaman magma gunung itu. Namun, jika merujuk pada bobot senjata nuklir dalam uji coba kelima September lalu mencapai 10 kiloton, Gunung Baekdu kemungkinan akan meletus.

Salah satu uji coba nuklir Korea Utara (bbc.com)

Kekhawatiran para ahli ini cukup beralasan, mengingat sikap kepala batu Presiden Kim Jong-un yang mengatakan uji coba peluncuran senjata nuklir tidak akan dihentikan, walau deras tekanan diarahkan pada pemerintahanya. Untuk mempertahankan supremasi negaranya di kawasan Semenanjung Korea, ia bahkan siap tak ambil peduli dengan isu dampaknya terhadap lingkungan, termasuk soal kehawatiran potensi gunung tertinggi di Semenanjung Korea yang bakal meletus itu.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *