Inemuri Tradisi Tidur Sejenak Yang Melegenda di Jepang

Tradisi Inemuri ini awalnya hanya untuk menunjukkan ‘kerja keras’ seseorang, lambat laun sudah menjadi kebiasaan unik masyarakat Jepang yang dianggap lazim untuk kita temui.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Inemuri tradisi tidur sejenak di Japang. (yumeko.web)

Ngenetyukcom – Infosiana. Bukan rahasia lagi, kalau Negara Jepang selain terkenal dengan kemajuan budaya,  dan teknologi, juga diknal luas dengan segudang hal hal yang aneh. Salah satunya, Inemurri.

Ya, Inemuri yang artinya tidur sebentar atau ‘hadir sembari tidur’ merupakan praktek tidur yang dianggap lumrah dalam kebudayaan Jepang. Kebiasaan aneh tidur di sembarang tempat ini bukanlah malas-malasan, justru dianggap sebagai pekerja keras, atau orang yang mengabdikan dirinya sungguh-sungguh pada perusahaan tempat ia bekerja.

Konon sejarah Inemuri ini sudah ada sejak jaman Samurai di Jepang, dan mulai populer di era tahun 80 an. Masyarakat Jepang sejak jaman dahulu memang dikenal sebagai pekerja keras, bukan hanya bekerja di kantor saja tapi sering membawa pulang pekerjaan ke rumah atau menyelesaikannya saat berada di perjalanan pulang. Jadi wajar kalau mereka kurang istirahat dan sesampainya kembali besok di kantor mengantuk berat.

Hal ini juga berlaku pada anak-anak sekolah di Jepang, sang guru akan memaklumi murid-muridnya jika ada yang tertidur saat pelajaran kelas berlangsung, karena sudah tahu muridnya mungkin tadi malam habis belajar atau mengerjakan PR sampai larut malam.

Jangan ganggu.

Namun untuk melakukan budaya tidur Inemuri orang Jepang ini tidak bisa seenaknya, posisi badan mereka harus dalam keadaan tegak lurus dibangku tempat sekolah atau dengan kata lain tidur sambil duduk meski kepala diletakkan di meja dan tidak boleh tidur terlentang, terkecuali di tempat-tempat umum selepas bekerja atau bersekolah.

Tradisi Inemuri ini awalnya hanya untuk menunjukkan ‘kerja keras’ seseorang, lambat laun sudah menjadi kebiasaan unik masyarakat Jepang yang dianggap lazim untuk kita temui. Bukan hanya di kantor ataupun sekolah saja. Saat berada di taman, trotoar jalan, halte bus, bahkan di atas motor kita akan sering menemui orang-orang Inemuri ini yang tidur dengan gaya-gaya aneh dan konyol mereka dari cewek sampai cowok.

Pemandangan di kereta yang paling banyak kejadian inemurri.

Tak perduli mereka mau tidur sambil ngangkang, gaya pistol, nungging ataupun ngorok berjamaah. Orang-orang yang berada di dekat mereka tidak akan marah apalagi sampai membangunkannya. Dan mereka juga tidak perlu khawatir, kalau barang berharga mereka seperti dompet, tas, handphone akan dicuri orang lain saat tertidur lelap.

Karena di Negara Jepang tingkat angka kriminalnya sangat jarang dilaporkan, terutama dalam kasus pencopetan dan pencurian. Palingan juga kalau lagi apes tidur di tempat umum cuma dikerjai orang doang.

 


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *