Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Ilustrasi Melamun (ist)

Ngenetyuk.com – Infosiana. Melamun sering dianggap sebagai sebuah kegiatan yang jelek, karena hanya membuang-buang waktu. Namun ternyata, sejumlah penelitian menunjukkan kalau melamun juga memiliki dampak positif.

Melamun baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Yuk, simak beberapa manfaat melamun bagi tubuh.

  1. Meningkatkan kreativitas

Sebuah penelitian dari UCSB mengklaim kalau orang-orang yang senang melamun biasanya bisa menghasilkan ide-ide baru yang lebih kreatif. Umumnya, orang dengan hobi ini akan terlihat seperti sedang memikirkan suatu masalah. Sebab mereka biasanya memang sengaja melakukan ini agar pikirannya mampu mencari solusi.

2.Mendapatkan ide baru

Penelitian yang dilakukan di University of Carolina, Santa Barbara, Amerika Serikat. Para siswa diberikan kesempatan untuk melamun dan hasilnya menunjukkan kalau mereka mampu mendapatkan ide-ide yang luar biasa. Hal ini terjadi karena saat melamun, pikiran alam bawah sadar kita dapat memikirkan solusi kreatif untuk setiap masalah.

3. Meningkatkan IQ

Selain dapat meningkatkan kreativitas dan membantu menemukan ide baru, melamun juga dapat meningkatkan IQ lho. Sebab, dengan melamun kita bisa membiarkan otak beristirahat. Saat melamun pula, otak akan berimajinasi tentang hal-hal yang kreatif dan bisa meningkatkan kecerdasan serta kemampuan komunikasi.

Ilustrasi Melamun (ist)

4.Meningkatkan daya ingat

Berdasarkan hasil penelitian dari University of Wisconsin, Milwaukee dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science, orang yang sering melamun memiliki kecenderungan untuk membiarkan pikiran mereka berkelana. Sehingga otak menjadi lebih aktif dan kemampuan mengingat informasi pun jadi lebih tinggi.

Dalam penelitian tersebut ditemukan peserta yang melamun selama mengerjakan tugas, cenderung bisa mengingat informasi. Mereka juga menunjukkan tingkat memori yang lebih tinggi.

5.Mudah menyelesaikan masalah

Penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia menunjukkan kalau melamu dapat menyelesaikan masalah. Melalui pemindaian fMRI, para peneliti menemukan kalau aktivitas di area penyelesaian masalah otak yang kompleks, akan sangat aktif selama melamun.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *