Ketahuan Donald Trump Jual Jas Made in Indonesia

Siapa sangka, koleksi jas yang ia pasarkan lewat situs jual-beli online Amazon ini ternyata buatan Indonesia. Hal ini diungkap reporter BuzzFeed, Daniel Wagner.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
(google)

NgenetYuk! Dunia – Kecurangan demi kecurangan sepert

inya kian nyata menjadi keseharian calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald J. Trump. Setelah jumlah utangnya ketahuan begitu menumpuk, borok Trump lagi lagi terkorek media. Ya kali ini kontroversi muncul dari jas merek dagangnya, Donald J. Trump Signature.

Siapa sangka, koleksi jas yang ia pasarkan lewat situs jual-beli online Amazon ini ternyata buatan Indonesia. Hal ini diungkap reporter BuzzFeed, Daniel Wagner, yang melihat ada keganjilan dari deskripsi salah satu produk Trump.

“Di Amazon, koleksi The Donald J. Trump Signature dideskripsikan impor dan buatan Amerika. Mereka tidak bisa berasal dari keduanya, kan?” katanya, seperti dilansir BuzzFeed. Trump selama ini dikenal berkampanye agar mencintai Amerika dengan membeli produk negara itu.

Jaz Biru bertuliskan “Made in Indonesia”.

Jaz Biru bertuliskan “Made in Indonesia”.
Inilah penampakan jas yang merk Donald J Trump buatan Indonesia itu. (google)

Sungguh naïf memang. Memandang nama Trump yang seorang miliader namun saat menjalankan bisnis tetap saja tak jauh dari mental curang. Begitulah yang dilakukan BuzzFeed dalam menyelidiki langsung kecurangan Trump dalam bisnis ini. BuzzFeed memesan dua setel jas untuk menjawab rasa penasarannya. Hasilnya, sungguh diluar dugaan, di bagian kerah jas biru gelap ini ada tulisan “Made in Indonesia”. Label ini tentu membuat heboh kalangan warga AS, lantaran Trump kerap mengklaim dirinya seorang nasionalis sejati.

Wagner pun menyindir dengan menuturkan kampanye Trump yang kerap menyuarakan untuk membawa pekerjaan manufaktur di luar negeri kembali ke Amerika ternyata hanya bualan. Selama berkampanye, Trump selalu ingin menguatkan kembali Amerika dengan meningkatkan ekonomi dalam negeri. “Buat Amerika hebat lagi (dan Indonesia juga),” ujar Wagner menyindir Trump.

Menurut BuzzFeed, Trump ternyata sering membuat produknya di luar negeri. BuzzFeed sempat mengunjungi satu pabrik di Honduras, yang ternyata para pekerjanya hanya dibayar beberapa dolar per hari untuk membuat pakaian Trump.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *