Rusia Akui Tak Bisa Imbangi Kehebatan Rudal Hipersonik Rusia

Putin meyakini senjata baru ini akan membuat Rusia melampaui negara-negara lain selama puluhan tahun ke depan.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com – Dunia. PresidenRusia Vladimir Putin mengungkapkan senjata baru Rusia, yakni rudal hipersonikKinzhal tidak akan mampu ditandingi oleh negara lain. Putin juga meyakini senjata baru ini akan membuat Rusia melampaui negara-negara lain selama puluhantahun ke depan.

Dilansir dari News.com.au, 19 Desember 2108, Putin berbicara selama pertemuan denganpetinggi militer di Moskow bahwa rudal hipersonek Kinzhal dan peluncur hipersonik Avangard, akan meningkatkan kemampuan militer Rusia.

“Belum ada yang membuat senjata hipersonik, tapi kita sudah memilikinya,” kata Putin.

Pesawat Angkatan Udara Rusia MiG-31K membawa rudal aero-balistik hipersonik presisi tinggi Kh-47M2 Kinzhal selama parade militer Hari Kemenangan di Moskow, Rusia, 9 Mei 2018. AP/Pavel Golovkin

Terkait rudal Kinzhal dan Avangard, pemerintah AS mengakui saat ini belum bisa mencegat senjata hipersonik. Kantor Akuntabilitas Pemerintah mengatakan kecepatan rudal, ketinggian dan kemampuan manuver membuatnya sulit untuk dihentikan.

“Tidak ada tandingan yang setimpal,” kata laporan tersebut.

Sementara pakar barat mengiyakan klaim Rusia bahwa rudal hipersonik tidak ada tandingannya, namun juga menyangkal efektifitas rudal.

“Kalian bisa saja menempelkan rudal balistik di pesawat. Tapi itu tidak berarti efektif. Ada kemungkinan Kinzhal adalah semacam senjata hipersonik yang cukup cepat untuk menghindari pertahanan musuh, namun tidak memiliki kemampuan manuver untuk menyerang target secara akurat dalam jarak jauh,” menurut James Acton, fisikawan dari Carnegie Endowment for International Peace, dikutip dari Daily Beast.

Rudal Kinzhal dilaporkan memiliki kecepatan hingga 12.500 kilometer per jam dan sudahdimasukkan ke dalam peralatan militer Rusia, menurut Menteri Pertahanan RusiaSergei Shoigu, dan menambahkan MiG 31 sudah terbang membawa rudal dalam misipatroli di Laut Kaspia dan Laut Hitam tahun ini.

(sumber tempo)


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *