Sri Mulyani, Kembali jadi Menteri Keuangan Indonesia

Ya, Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Suasana pengumuman Kabinet Kerja Jilid 2 (detik.com)

NgenetY

uk! Infosiana – Pengumuman Reshufle Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo untuk yang kedua kalinya, seakan menjadi momen indah tersendiri bagi Sri Mulyani. Sebagai penghormatan, sosok yang sebelumnya menjadi pejabat Bank Dunia ini dipanggil pertama kali oleh Presiden Jokowi acara perkenalan menteri baru. Sri Mulyani yang memakai kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam maju ke depan. Dengan senyum ia menyalami JK.

Mendadak sontak suasana di depan teras Istana Merdeka, Rabu (27/7/2016) pukul 11.15 WIB, berubah riuh menyambut Sri Mulyani dengan tepukan tangan meriah wartawan yang meliput.

Ya, Sri Mulyani menjadi Menkeu menggantikan Bambang Brodjonegoro. Ia sebelumnya menjabat sebagai pejabat Bank Dunia. Penunjukan Sri Mulyani ini memang di luar dugaan. Sri Mulyani dahulu sukses menjadi Menkeu sebelum pindah ke Bank Dunia pada Mei 2010.

Ani, sapaan akrabnya dinilai sukses melakukan reformasi besar-besaran pada lembaga perpajakan sekaligus bea dan cukai selama dirinya memimpin Kementerian Keuangan. Ia juga berhasil menggandakan investasi langsung ke Indonesia di tahun pertamanya menjadi menteri, dari US$4,6 miliar pada 2004 menjadi US$8,9 miliar.

Beragam penghargaan kemudian dikantongi istri dari Tony Sumartono. Pada 2006, Euromoney menganugerahkannya gelar Menteri Keuangan Terbaik. Berlanjut pada 2008, Forbes menyematkan gelar perempuan paling berpengaruh ke-23 di dunia.

Kecemerlangan Sri Mulyani sebagai bendahara negara berlanjut pada periode kedua, SBY memimpin Indonesia pada 2009. Namun secara mengejutkan, pada 5 Mei 2010, Sri Mulyani menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada SBY. Dengan satu alasan, menerima tawaran Bank Dunia untuk menjadi Direktur Pelaksana mulai 1 Juni 2010. Jabatan tersebut merupakan jabatan tertinggi kedua setelah Presiden Direktur Bank Dunia.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *