Takdir Raja yang Dijalani Sebagai Tukang Kebun

Bayangkan saja, di kampung halamannya, Ghana, Afrika, ia didaulat menjadi seorang raja . Namun, nasib getir akhirnya membuatnya hanya menjadi seorang kebun di Kanada.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Eric Manu (visualevent)

NgenetYuk! Dunia - Siapa p

un barangkali akan merasa miris mendengar kisah tak biasa Eric Manu (32) ini. Bayangkan saja, di kampong halamannya, Ghana, Afrika, ia didaulat menjadi seorang Raja Suku Akan yang terletak di wilayah Adansi Aboabo, Ghana, Afrika Timur. Nasib  getir akhirnya membuatnya hanya

 menjadi seorang kebun di Kanada. Eric harus meninggalkan pengahargaan tinggi di sukunya itu, semata mata karena masalah ekonomi. 

Kisah ini berawal di tahun 2012. Saat itu ia jauh merantau meninggalkan negaranya, mengikuti sang istri yang warga Negara Kanada. Eric Manu yang kemudian memilih menjadi tukang kebun di sebuah distrik ini mengaku cukup damai dan cukup memenuhi kebutuhan ekonominya walau hanya sebagai tukang kebun.

Namun tiga tahun kemudian, tepatnya 2015, Manu diminta kembali ke kampung halamannya di Ghana, Afrika Barat, untuk menggantikan posisi pamannya sebagai raja dari suku Akan. Suku Akan terletak di wilayah Adansi Aboabo, Ghana. 

Sang paman sebelum meninggal mewariskan gelar raja kepada Manu. “Ini adalah pengalaman yang sangat hebat. Anda harus menerimanya dengan semangat. Ini warisan budaya dan tradisi suku kami,” kata Manu, seperti dilansir Independent. .

Eric Manu rela jadi tukang kebun di Kanada (dailymail)

Ironisnya, pemerintah Ghana kurang memperhatikan warga di pedesaan. Pemerintah lebih berfokus mengembangkan daerah perkotaan. Hal ini membuat Manu mengambil keputusan kembali ke Kanada untuk melanjutkan pekerjaan lamanya sebagai tukang kebun.

Bukan salah Manu memang. Ia sendiri memilih merantau kembali bukan hanya dirinya sendiri. Manu ingin mengumpulkan uang demi memenuhi kebutuhan sekitar 6.000 rakyatnya. “Kehidupan suku kami sangat miskin. Klinik ini hanya memiliki bidan dan beberapa perawat. Tidak ada dokter di sana,” ujar Manu.

Eric Manu (globalnews)

Jeritan pilu Raja Suku Akan ini rupanya tak hanya menguap ditelan angin belaka. Setelah cukup lama, akhirnya Manu, dibantu majikannya, Susan Watson. Mereka membuat yayasan amal untuk mengumpulkan dana bagi anggota sukunya di Ghana. Manu berharap, dengan ayunan sekop dan cangkul di negeri orang ia bisa mengumpulkan dana, untuk menjadikan desanya sebagai Kanada kedua.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *