Waduh, Seruput Teh Panas-panas Bisa Picu Kanker Esofagus

Konsumsi teh panas bisa berisiko memunculkan beberapa jenis kanker esofagus--saluran yang memanjang dari tenggorokan ke perut, lebih mungkin terjad.i


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Ilustrasi teh. (istimewa).

NgenetYuk.com – Infosiana. Mungkin sudah banyak yang tahu manfaat teh bagi tubuh. Namun sejumlah ahli kesehatan menyarankan kita tak meminum teh dalam kondisi panas. Sebaiknya tunggu teh lebih dingin baru meminumnya. “Teh jangan diminum panas-panas, ditunggu dulu sampai kira-kira 80 derajat Celcius agar antioksidannya tidak keluar,” ujar Spesialis patologi anatomi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr. Evalina Suzana di Jakarta, Jumat.

Selain itu, konsumsi teh saat masih panas juga bisa berisiko memunculkan beberapa jenis kanker esofagus–saluran yang memanjang dari tenggorokan ke perut, lebih mungkin terjadi, seperti yang pernah disebutkan dalam sebuah studi dalam jurnal BMJ.

Dalam studi itu, peneliti dari Tehran University of Medical Sciences, Farhad Islami, menemukan bahwa kanker esofagus terjadi delapan kali lebih umum pada mereka yang minum teh “sangat panas”, dibandingkan peminum teh yang hangat atau suam-suam kuku.


Like it? Share with your friends!

Gadi 212

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *