Archandra Tahar dan Pejabat Dunia Lain yang Miliki Kewarganegaraan Ganda

Belum sebulan menjabat Menteri ESDM, Archandra Tahar dicopot karena miliki dwi-kewarganegaran.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

1.Archandra Tahar

Archandra Tahar
Archandra Tahar dan Sudir

man Said saat acara sertijab Kementerian ESDM (sumber : geoenergi)

NgenetYuk! Infosiana – Pencopotan Archandra Tahar sebagai Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi, sontak membuat publik terkejut. Pasalnya, belum genap sebulan menduduki posisi Menteri ESDM, A

rchandra diketahui memiliki kewarganegaraan Amerika.

Presiden Joko Widodo akhirnya memberhentikan dengan hormat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Senin (15/8/2016) malam. Pencopotan ini menyusul isu dwi-kewarganegaraan yang dimiliki Archandr

a.

“Menyikapi status kewarganegaraan Menteri ESDM, setelah mendengar dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Saudara Archandra Tahar dari posisi Menteri ESDM,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam jumpa pers d

i Kantor Presiden, Senin malam.

Sebagai pengganti, Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Kemaritiman sampai ada menteri ESDM definitif.

Sebenarnya kasus yang menimpa Archandra bukan sebuah kasus yang harus dibesar besarkan. Karena di sejumlah negara lain, kasus serupa juga pernah ada menimpa sejumlah pejabat penting. Siapa saja mereka? Berikut NgenetYuk! tampilkan datanya dari berbagai sumber.

2.Menteri Dalam Negeri & Anggota Parlemen Pakistan

Menteri Dalam Negeri & Anggota Parlemen Pakistan
Rehman Malik (sumber : bbcindonesia)

Mahkamah Agung Pakistan memecat Menteri Dalam Negeri, Rehman Malik, dari majelis tinggi parlemen dan sekaligus dari jabatan menteri. Alasannya adalah dia memiliki kewarganegaraan ganda ketika diangkat menjadi pejabat tinggi negara. Para hakim agung mengatakan mereka tidak puas dengan dokumen yang diajukan yang isinya menyebutkan bahwa Malik telah meninggalkan kewarganegaraan Inggris.

Selain Rehman Malik, MA Pakistan juga secara sementara membekukan keanggotaan Farahnaz Isphani dari parlemen. Isphahani adalah istri duta besar Pakistan di Washington yang dipecat dan juga dikenal sebagai staf khusus Presiden Zardari. Ia diketahui memegang paspor Pakistan dan Amerika Serikat.

3. Arnold Schwarzenegger

 Arnold Schwarzenegger
Arnold Schwarzenegger (sumber : the celebrityauction.co)

Arnold Alois Schwarzeneggeradalah seorang aktor, binaragawan, politikus Partai Republik, dan pengusaha yang menjabat sebagai Gubernur California ke-38 dari tahun 2003 hingga 2011. Ia terpilih pada 7 Oktober 2003 dalam Pemilu California 2003 yang dipercepat untuk menggantikan Gray Davis dari posisi gubernur. Schwarzenegger dilantik pada 17 November untuk memangku masa jabatan Davis yang tersisa hingga Januari 2007.

Schwarzenegger awalnya berkewarganegaraan Austria. Setelah bekerja di Britania Raya secara singkat, ia pindah ke Amerika Serikat pada 1968. Sejak 1983, ia berkewarganegaraan ganda (Amerika Serikat dan Austria). Ia menikah dengan Maria Shriver.

4.Jason Rezaian, Kepala Biro the Washington Post di Teheran

Jason Rezaian, Kepala Biro the Washington Post di Teheran
Jason Rezaian (sumber : voaindonesia)

Jason Rezaian, Kepala Biro the Washington Post di Teheran, yang telah ditahan selama lebih dari 500 hari atas tuntutan melakukan kegiatan spionase. Tuntutan itu disampaikan dalam sebuah sidang pengadilan rahasia tahun lalu, tetapi vonis hukumannya tidak pernah diumumkan. Pemerintah Amerika, perusahaan suratkabar tempat ia bekerja, keluarga dan teman-temannya telah berulangkali membantah bahwa Jason melakukan tindakan mata-mata. Jason Rezaian memiliki dua kewarganegaraan: Amerika dan Iran.

5.Alexander Fishenko

Alexander Fishenko
Alexander Fishenko (sumber : rferl.org)

Alexander Fishenko mengaku bersalah atas ke 19 butir tuduhan dari Kejaksaan Amerika. Pejabat Amerika mengatakan, perusahaan yang didirikan Fishenko mengapalkan produk elektronik bernilai $50 juta antara 2002 dan 2012, yang merupakan pelanggaran sistem lisensi pemerintah untuk pengendalian ekspor seperti itu.

Tuduhan terhadap Fishenko, yang memiliki kewarganegaraan ganda Amerika dan Rusia, termasuk konspirasi, secara ilegal mengekspor produk yang diawasi ketat, berkonspirasi untuk mencuci uang dan menghambat hukum.

Nah setelah membaca artikel ini sobat NgenetYuk! jadi tahu kan. So bagaimana menerut kamu?


Like it? Share with your friends!

alamsyah

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *