Hebat, 3 Menteri Wanita Kabinet Jokowi Raih Penghargaan Internasional

Presiden Joko Widodo memang tidak salah mengangkat sejumlah menteri wanita di dalam jajaran kabinetnya. 3 di antara beberapa menteri wanita itu berhasil menerima penghargaan internasional.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Susi Pudjiastuti telah mendedikasikan waktunya selama ini untuk memberantas praktik

perikanan yang tidak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah, dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan. (sumber: kompas)

NgenetYuk! Infosiana – Baru baru ini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastut

i menerima Penghargaan Kelas Dunia sebagai “Leaders for a Living Planet” Penghargaan itu diberikan oleh organisasi konservasi WWF International di dalam ajang Our Ocean Conference di Washington DC pada Jumat (16/9/2016).

“Ibu Susi Pudjiastuti telah mendedikasikan waktunya selama ini

untuk memberantas praktik perikanan yang tidak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah, dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan. Beliau adalah tokoh yang berjuang untuk melindungi kesehatan laut Indonesia,” ungkap Yolanda Kakabadse, Presiden WWF International seperti dikutip Kompas (18/9/2016).

WWF menganggap bahwa Indonesia merupakan produsen perikanan tangkap dan budidaya terbesar di dunia. Namun, praktik pencurian ikan ilegal menyebabkan negara rugi 20 miliar dollar AS per tahun. WWF juga menyatakan, Susi berhasil menunjukkan ketegasan dalam menindak praktik perikanan yang tidak sah, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (IUU Fishing).

“WWF berharap Ibu Susi melanjutkan terobosan untuk memperbaiki pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dengan memperluas kawasan konservasi perairan yang berkontribusi pada pemenuhan komitmen Indonesia terhadap Target Aichi,” kata Direktur Program Coral Triangle dari WWF-Indonesia Wawan Ridwan.

Sejak tahun 2000, sudah lebih dari 100 individu yang menerima penghargaan “Leaders for a Living Planet”. Beberapa orang di antaranya adalah mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, Menteri Perikanan Norwegia, Perdana Menteri China, dan Menteri Bidang Pengairan Perancis, Togo dan Benin.

Sebelum Menteri Susi menerima penghargaan, 2 menteri kabinet Jokowi yaitu Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, mendapatkan penghargaan internasional dari Internasional Film Festival for Women, Social, Issues, and Zero Discrimination (IFFWSZ).  Penghargaan tersebut diberikan karena peran kedua yang dianggap cukup besar dalam membuat perubahan di masing-masing bidang yang digeluti.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dianggap dapat menjadi motivasi dan contoh bagaimana perempuan dapat berperan penting dalam posisinya. Dan menempati posisi-posisi strategis yang membawa perubahan bagi masyarakat luas (sumber : sindo)

Sekjen Dewan Kreatif Rakyat (DKR) Dedeh Kurniasih mengatakan, pemberian penghargaan pada ketiga orang tersebut diharapkan dapat memotivasi para perempuan Indonesia untuk terus berkarya di tengah masih adanya perlakuan diskriminatif.

“Kedua menteri ini dianggap dapat menjadi motivasi dan contoh bagaimana perempuan dapat berperan penting dalam posisinya. Dan menempati posisi-posisi strategis yang membawa perubahan bagi masyarakat luas,” ujar Sekjen Dewan Kreatif Rakyat (DKR) Dedeh Kurniasih seperti dikutip liputan6.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memberikan komitmen dan aksi tanggap yang luar biasa dalam membantu korban, terutama anak-anak yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatra dan Kalimantan (sumber : antara)

Sementara itu Dewan Penasihat DKR Lily Wahid mengatakan, mereka menjadi bukti bahwa perempuan dapat tetap menunjukkan eksistensinya bagi masyarakat di tengah masih maraknya diskriminasi di dunia kerja.

“Mereka adalah contoh bagaimana, di tengah adanya diskriminasi yang terjadi di masyarakat, mereka tetap bisa memberikan kontribusi terbaik di posisi atau institusi tempat mereka bekerja. Semoga ini bisa bangkitkan dan meniadakan diskriminasi bagi perempuan di Indonesia,” ucap Lily.

Lily menerangkan, selain memberikan penghargaan kepada dua ‘Srikandi’ itu, festival tersebut juga memilih 75 film pemenang dari 425 film yang mengangkat kepedulian mengenai isu-isu gender, sosial, dan antidiskriminasi.

“Festival ini berharap dengan banyaknya film-film inspiratif, dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Festival ini sendiri bekerja sama dengan dua festival internasional lainnya, yaitu International Movie Awards dan Filmmakers World Festival,” ucap Lily.

Nah setelah membaca artikel tentang 3 menteri wanita kabinet Jokowi raih penghargaan internasional ini bagaimana komentar para sobat NgenetYuk!?


Like it? Share with your friends!

alamsyah

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *