Heboh, Video Ahok Sebut Surat Al-Maidah 51 dan Isu SARA yang Pernah Menyerangnya

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja (Ahok) kembali mendapat serangan isu SARA. Kali ini videonya yang menyebut Surat Al-Maidah 51 tengah viral di sosmed.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Juru Bicara Timses Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul membantah kalau Ahok menyebut Surat A
l Maidah bohong. Menurut Ruhut, ada orang yang sengaja memelintir pernyataan Ahok untuk memainkan isu SARA. (sumber : instagram)

NgenetYuk! Infosiana – Saat ini di kanal YouTube sedang beredar luas video berjudul ‘Ahok: Anda Dibohongi Al-Quran Surat Al-Maidah 51′. Video tersebut tengah menjadi viral di sosial media baik Facebook ataupun Twitter. Video yang diunggah sejak 5 Oktober kemarin itu, banyak dilihat pengunjung jejaring sosial video tersebut.

Dalam video tersebut, Ahok terlihat mengatakan, “Bapak Ibu ndak Bisa memilih Saya. dibohongi pake surah Al-Maidah 51 dan macem-macem itu. Itu hak bapak ibu. Ya, jika Bapak Ibu perasaan tidak bisa pilih nih karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya, ya enggak apa-apa? Karena inikan pan

ggilan pribadi bapak-ibu. Program ini jalan saja. Jadi, bapak ibu tak usah merasa enggak enak dalam nuraninya enggak bisa memilih Ahok.”

Saat Dikonfirmasi, Juru Bicara Timses Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul membantah kalau Ahok menyebut Surat Al Maidah bohong. Menurut Ruhut, ada orang yang sengaja memelintir pernyataan Ahok untuk memainkan isu SARA.

“Padahal isu SARA sekarang itu sudah gak laku. Masyarakat Jakarta itu sudah cerdas,” kata Ruhut seperti dikutip republika.co.id.

Sejak menjadi orang nomor satu di ibukota, Ahok memang selalu mendapat serangan dari lawan lawan politiknya sekitar isu SARA. Lalu isu SARA apa saja yang pernah menghantam Ahok? NgenetYuk! merangkumnya dari berbagai sumber berikut ini.

Ahmad Dhani (Serang Ahok melalui cuitan di Twitter)

Ahmad Dhani (Serang Ahok melalui cuitan di Twitter)
Sebelumnya, melalui akun Twitternya, Ahmad Dhani mengunggah cuitan yang menyinggung SARA terhadap Ahok (sumber : instagram)

Musisi Ahmad Dhani memang berulang kali menyerang Ahok. Namun, baru kali ini ucapannya langsung bernada rasial. Ahok diketahui keturunan Tionghoa asal Belitung. Sebelumnya, melalui akun Twitter-nya, Dhani mengunggah cuitan yang menyinggung SARA. “Apakah QS An nisa 144 bisa di tafsirkan berbeda dr teks Quran oleh Ulama utk memuluskan jalan Ahok jd Gubernur DKI???,” tulisnya lewat akun @AHMADDHANIPRAST, Senin, 21 Maret 2016.

Dhani merupakan salah seorang yang berniat maju pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Ia mengatakan tak putus asa untuk bertarung dalam pilkada meski menyadari peluang Ahok yang inkumben lebih besar.

Ratna Sarumpaet (Sebut Ahok sengaja meniupkan isu SARA sendiri)

Ratna Sarumpaet (Sebut Ahok sengaja meniupkan isu SARA sendiri)
Ratna Sarumpaet menuding Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membayar ‘buzzer’ untuk meniupkan isu-isu SARA menjelang Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. (sumber : instagram)

Seniman sekaligus aktivis perempuan, Ratna Sarumpaet menuding Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membayar ‘buzzer’ untuk meniupkan isu-isu SARA menjelang Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

“Bagaimana dengan @basuki_btp yang konon bayar buzzer pancing isu SARA,” tulis Ratna Sarumpaet melalui akun twitter pribadinya, @RatnaSpaet, Minggu (31/7).

Cuitan Ratna tersebut mengomentari pemberitaan yang menyebutkan bahwa Polri bakal menindak tegas netizen yang kerap menebarkan kebencian dan isu SARA melalui media sosial.

Yusron Ihza Mahendra, Adik Yusril Ihza Mahendra (serang Ahok lewat cuitan rasisnya)

Yusron Ihza Mahendra, Adik Yusril Ihza Mahendra (serang Ahok lewat cuitan rasisnya)
Yusron Ihza Mahendra pernah heboh dengan cuitan rasis kepada Ahok. (Beritateratas.com)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meradang dengan tweet Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra menyoal gaya kepemimpinan dirinya yang arogan. Pria yang biasa disapa Ahok itu bahkan menyebut cuitan adik kandung Yusril Ihza Mahendra itu bersikap rasis dan kurang ajar.

“Ada yang ngetwit nakutin, kasihan lho, turunan China miskin, nanti dibantai gara-gara Ahok. Itu kurang ajar, namanya rasis. Itu Dubes Jepang adiknya Yusril ngomong pakai nasihat. Ini negara bahaya,” kata Ahok seperti dikutip infospesial (7/10)

Terkait hal ini, Ahok sudah mengadu pada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas tweet Yusron yang berbau SARA. Dia menyebut pernyataan Yusron tidak menunjukkan ciri orang Indonesia.

“Bu Retno Menlu kalau punya dubes kaya gini ini bukan Indonesia. Jangan taruh orang yang mau ubah pancasila sila pertama,” tegas Ahok kesal.

Tak cukup, Ahok balik menyerang Yusro sebagai orang pengecut sebab menggunakan nama agama dan ras sebagai amunisi menjatuhkan dirinya.

“Kalau masyarakat percaya kan dapat suara, kalau jual agama kan pengecut dan menghina Tuhan. Tuhan saja enggak rasis, kamu Islam saya Kristen Tuhan kasih udara yang sama,” pungkas Ahok.

Lalu seperti apakah video Ahok yang sedang menjadi viral itu? Berikut NgenetYuk! tampilkan.

Video Ahok saat menyebut surat Al Maidah 51


Like it? Share with your friends!

alamsyah

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *