Kenapa ya Lebaran Identik dengan Pakaian Baru? Oh! Ternyata ada Sejarahnya lho!

Setiap kali Idul fitri tiba, umat Islam di Indonesia pasti menggunakan pakaian baru. Sejak kapan sih tradisi ini ada di tanah air?


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Saat Idul Fitri tiba, umat Islam di bawah kerajaan Banten sudah menggunakan baju baru. Tradisi ini sudah ada sejak tahun 1596. (sumber : sebandung.com)

NgenetYuk! Indonesia – Indonesia memang unik. Indonesia memang lain daripada negara lain. Perbedaan itu paling tidak terlihat saat hari Raya Idul Fitri. Segenap umat Islam di penjuru tanah air, dipastikan menggunakan pakaian baru. Peristiwa yang tak ada di negara lain ini tentu menarik.

Tapi tahukah sobat NgenetYuk! menggunakan pakaian baru saat lebaran ternyata sudah menjadi tradisi berabad abad yang lalu di Indonesia.  Ya, walaupun memang tak ada kewajiban agama untuk melakukannya, paling tidak mayoritas Muslim Indonesia terbiasa tampil dengan baju baru di hari kemenangan.

Nah, menurut Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto dalam bukunya berjudul Sejarah Nasional Indonesia, menggunakan baju baru di hari raya sudah ada sejak tahun 1596. Tradisi itu sudah ada di dalam Kerajaan Banten, di mana ketika hendak memasuki lebaran, masyarakat menyambutnya dengan menyiapkan baju baru.

Karena pada jaman kerajaan belum ada yang namanya pusat perbelanjaan alias mall yang menjual pakaian baru, masyarakat muslim pada masa itu tidak membeli baju baru tapi hanya menjahitnya dengan tangan. Yang bisa membeli pakaian baru untuk lebaran pada masa itu hanyalah kalangan kerajaan saja. Mereka memang memiliki akses luas untuk mendapatkan baju baru yang bagus.

Tradisi menggunakan baju baru di kala lebaran pada masa itu, akhirnya memunculkan ladang pekerjaan baru bagi masyarakat. Para petani berbondong bondong alih profesi menjadi penjahit.

Saat ini Umat Islam dengan mudah bisa mendapatkan baju baru untuk lebaran di pusat-pusat perbelanjaan (sumber : merdeka.com)

Bukan hanya di Kerajaan Banten saja, tradisi menggunakan baju baru juga ada di dalam Kerajaan Mataram, Yogyakarta. Memasuki hari terakhir Ramadan, orang-orang Muslim Mataram sibuk membuat pakaian baru untuk dipakai pada hari raya.

Dan bukan hanya baju baru saja yang sudah lama ada di Indonesia. Ketika lebaran tiba, tradisi malam takbiran juga sudah ada sejak jaman kerajaan. Umumnya beduk yang digunakan terdapat di mushola atau surau. Jika hari biasa, beduk-beduk itu digunakan untuk memberitahu waktu masuk salat. Karena waktu itu, jam merupakan benda mahal yang hanya dimiliki oleh kerajaan. Sama seperti fungsinya untuk memberitahu waktu salat, penggunaan beduk pada malam Idul Fitri adalah untuk menginformasikan jika pada malam itu adalah buka puasa terakhir Ramadan. Begitu juga dengan pemukulan beduk pada saat salat Ied, untuk memberitahukan jika hari itu sudah masuk 1 Syawal.

Oh begitu ya sejarahnya sobat NgenetYuk! Ternyata pakai baju baru di lebaran itu sudah ada sejak tahun 1596.


Like it? Share with your friends!

alamsyah

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *