Mungkinkah Indonesia Bisa Ulangi Prestasi Olimpiade Barcelona 1992?

Olimpiade 2016 sedang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil. Sepanjang sejarah olimpiade, Indonesia pernah menduduki peringkat ke-24 dari 169 negara. Wah keren banget tuh.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

NgenetYuk! Olahraga – Ajang olah raga terbesar di dunia yaitu Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016 baru saja ber

gulir. Dan di hari kedua atau pada tanggal 7 Agustus 2016, Lifter Sri Wahyuni berhasil meraih medali pertama untuk Indonesia. Ia meraih medali perak lewat kelas 48 kg putri dengan total angkatan seberat 192 kilogram, yaitu 85 kg snatch dan 107 kg clean and jerk.

Keberhasilan Sri Wahyuni mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, sontak saja sampai ke telinga Presiden Joko widodo. Lewat akun Twitter pribadinya, Jokowi pun menyampaikan ucapan selamat kepada lifter wanita berusia 21 tahun tersebut.

Nah berbicara olimpiade, Indonesia sebenarnya pernah mengalami prestasi luar biasa, yaitu ketika digelarnya Olimpiade Barcelona, Spanyol pada tahun 1992 silam. Menurut catatan yang ada, Indonesia menduduki peringkat ke-24 dari 169 negara peserta. Indonesia meraih total medali sebanyak 5 medali dengan perincian, 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

2 medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992 diraih lewat cabang olahraga bulu tangkis. Masing masing 1 medali emas dipersembahkan oleh pebulutangkis Susi Susanti dan 1 medali emas lainnya diberikan oleh pebulutangkis Alan Budikusuma. Keduanya memenangkan cabang olahraga bulutangkis untuk tunggal putra dan putri.

Setelah sempat menduduki peringkat ke-24, dari tahun ke tahun posisi Indonesia dalam ajang Olimpiade terus melorot dan terakhir saat Olimpiade London, Inggris pada tahun 2012, Indonesia hanya berada di peringkat ke-63 dan itu pun bersama lima negara lainnya seperti Malaysia, Bulgaria, Estonia, Puerto Rico dan Tionghoa.

Jika mengamati prestasi Indonesia dari satu olimpiade ke olimpiade lainnya, semua tentu sepakat jika prestasi Indonesia mengalami penurunan. Mungkinkah Indonesia bisa menggoreskan prestasi kembali seperti masa lalu pada Olimpiade Rio Kali ini? Kita lihat saja nanti ya. Semangat!


Like it? Share with your friends!

alamsyah

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *