Presiden Jokowi Didaulat Sulut Api Pon XIX / 2016 Jabar

Jika pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jabar nanti, Presiden Jokowi bersedia menjadi penyulut api PON, bisa jadi baru kali inilah seorang Presiden Indonesia menjadi penyulut api gelaran akbar olahraga nasional.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Presiden Jokowi saat membuka ajang Piala Bhayangkara (sumber : soccer.sindonews.com)

NgenetYuk! Infosiana – Presiden Joko Widodo memang bisa disebut sebagai satu satunya Presiden Indonesia termuda yang juga menyukai dunia olahraga. Terbukti dalam beberapa event olahraga sepakbola, Jokowi sering diminta panitia untuk melakukan penendangan pertama

bola, sebelum pertandingan digelar. Dan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang akan digelar di Provinsi Jawa Barat, panitia juga mendaulat Jokowi sebagai penyulut api PON XIX/2016 Jabar selain membuka perhelatan olahraga nasional di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, 17 September 2016.

“Penyulut Api PON XIX/2016 Jabar masih terus dikaji. Ada beberapa opsi. Termasuk salah satunya menyertakan Presiden masuk opsi. Namun, kita masih terus mematangkan dan mengkaji untuk prosesi itu,” ujar Manager Kreatif Bidang Upacara PB PON XIX/2016, Satria Yanuar Akbar seperti dikutip indopos (2/9).

Rencana penyulutan kaldron oleh orang nomor satu di Indonesia itu, sebelumnya telah dibahas dalam rapat terakhir tim set bidang upacara pembukaan. Jika hal ini terlaksana, Jokowi akan menjadi presiden pertama yang menyulut api langung ke kaldron PON.

“Masih ada waktu 19 hari lagi, semuanya akan dimatangkan. Namun yang pasti saat ini sudah memasuki tahap-tahapan yang sangat menentukan dari sebuah perhelatan pembukaan PON XIX/2016 Jabar,” tambah Satria.

Logo PON XIX/2016 Jawa Barat (sumber : bandung.pojoksatu.id)

Opsi yang menempatkan Presiden Jokowi dalam prosesi penyulutan Api PON XIX/2016 Jabar itu merupakan salah satu dari sejumlah opsi lainnya. Namun, menurut Satria, prosesi itu jelas akan menyertakan kehadiran legenda olahraga yang saat ini telah ditetapkan oleh PB PON XIX/2016. Namun demikian legenda olahraga yang akan dilibatkan dalam estafet pembawa obor Api PON XIX/2016 Jabar itu masih dirahasiakan. “Tapi semuanya masih perlu dikaji lagi dari banyak hal seperti keamanan, teknik, dan sebagainya,” kata Satria.

Ia menyebutkan, ada tujuh orang atlet legenda Indonesia yang akan mengarak obor secara estafet dan salah satu dari atlet tersebut akan menjadi bagian dari prosesi penyulutan api PON di kaldron sebagai tanda dimulainya kegiatan itu.

Meski demikian, menurut Satria Yanuar tim kreatif juga tetap memegang prinsip dan tiga pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo terkait upacara pembukaan PON yakni sederhana, merakyat dan meriah.

Wah, seru juga ya kalau Jokowi menyulut Api PON. Pasti para sobat NgenetYuk! penasaran ya.


Like it? Share with your friends!

alamsyah

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *