Psikolog: Mengenakan Baju yang Sama Setiap Hari Tanda Orang Jenius

Sang pendiri Facebook ini dikenal dengan gaya pakaian casual sederhananya, kecuali saat berjumpa dengan pemimpin Negara lain.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
findthedrive

NgenetYuk! Inspirasi – CEO Facebook Mark

Zuckerberg  punya satu alasan mengapa ia hanya mengenakan pakaian yang sama setiap hari. Mungkin saja dia malas? Atau, dia buta fashion? Atau, dia tidak mau menghabiskan waktu dalam memilih pakaian? Bagaimanapun juga, justru psikologis menilai sebaliknya. Mark tidak hanya malas dan tidak paham fashion yang menyebabkan dia memakai kaos abu-abu tiap hari, tapi juga pertanda jenius.

Jadi,bukan hanya memiliki hanya dua jenis kaos membuatmu jenius, ada cukuptanda-tanda jenius lain.

Selama masa pertama kemunculannya di depan publik dalam sesi tanya jawab di MenloPark, Mark Zuckerberg dicecar dengan pertanyaan sulit seperti Mengapa memaksa semua orang untuk memasang aplikasi Messenger? Apakah Facebook kehilangan pesonanya? Mengapa kamu mengenakan kaos yang sama setiap hari?

Satu pertanyaan yang sangat menarik perhatiannya adalah mengapa ia mengenakan kaos yang sama setiap hari. Untuk itu Zuckerberg menjawab:

“Aku ingin membuat hidup lebih jelas agar bisa membuat beberapa keputusan sesedikit mungkin kecuali cara terbaik untuk melayani komunitas ini.”

“Aku berada di posisi yang beruntung, dimana aku bangun setiap hari dan membantu melayani lebih dari miliaran orang dan aku merasa tidak melakukan pekerjaan dengan baik jika aku menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal konyol dan tidak penting dalam hidupku.”

Berdasarkan pernyataan ini, psikolog bernama Oliver Burkeman, yang telah mempelajari kebiasaan orang-orang jenius, menyarankan itu bisa pertanda seorang jenius. Dia berpendapat, dengan tetap melakukan rutinitas ketat setiap hari dapat membantu pikirannya fokus terhadap masalah yang lebih serius.

“Karena William James yang tepat menyatakan suatu mekanisme yaitu rutinitas yang ketat dapat membantu melepaskan imajinasi. Hanya dengan memberikan banyak aspekharian yang otomatis dan kebiasaan, dia berpendapat, kita dapat membebaskan pikiran menjadi lebih baik dan melakukan bidang yang menarik”.

Yang kemudian mencari tentang “Bandwidth Kognitif” dan keterbatasan tekad telah dibuktikan oleh james Hunch: jika kamu membuang percuma sumber daya untukmencoba kapan atau dimana harus bekerja, kau akan menghalangi kapasitas untuk melakukan pekerjaan itu.”

Tidak heran mengapa banyak tokoh fenomena teknologi memakai pakaian yang sama setiap hari. Bahkan Steve Jobs  mengenakan baju turtle neck hitam sepanjang tahun. Dan Albert Einsten juga hanya mengenakan setelan yang sama.

Sutradara film Christopher Nolan  selalu mengenakan jaket gelap dan kemeja biru, dia katakan kepada New York Times  itu hanya membuang energi “untuk memilih pakaian baru tiap harinya.”

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Inspirasi

DON'T MISS