4 Penemuan Gagal yang Mendunia

Tahukah kamu, benda-benda yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari ini ternyata awalnya merupakan penemuan yang tidak sengaja diciptakan namun membawa keuntungan luar biasa bagi penemunya.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

NgenetYuk! Inspirasi – Tahukah kamu, benda-benda yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari ini? Ternyata benda – benda ini merupakan penemuan gagal mendunia.

1. Microwave

Microwave

Penemuan ini berawal dari rasa penasaran Percy Lebaron Spencer saat mendapati coklat dalam sakunya meleleh ketika melewati radar set aktif. Akhirnya, berbekal rasa penasaran tersebut, Spencer bereksperimen dengan biji popcorn dan telur. Hasilnya sangat mengejutkan. Kemudian, ia menciptakan microwave pertama yaitu sebuah kotak logam yang tertutup dengan gelombang elektromagnetik. Pada 8 Oktober 1945, Raytheon mengajukan paten untuk microwave ini dan memberikan nama Radarange.

2. Post-It Notes

Post-It Notes

Pada tahun 1968 ilmuwan bernama Dr. Spancer Silver menemukan perekat yang dapat digunakan berkali-kali pada tempat berbeda. Dia kemudian menceritakan penemuannya tersebut kepada rekan seilmuwannya. Pada suatu hari Art Fry ilmuwan yang mengeluh pembatas buku lagu gerejanya yang selalu hilang menggunakan temuan Spancer. Hingga akhirnya pada 1980, Pos It telah digunakan di seluruh dunia.

3. Play-Doh

Play-Doh

Awalnya, Play-Doh merupakan material yang berfungsi sebagai pembersih kaca hingga setelah usainya perang dunia permintaan Play-Doh menurun drastis. Pemilik perusahaan ini akhirnya menemukan sebuah artikel tentang anak-anak yang menggunakan pembersih wallpaper sebagai hiasan. Dari situlah ide pembuatan Play-Doh sebagai malam akhirnya muncul.

4. Super Glue

Super Glue

Super Glue merupakan penemuan gagal dari pembuatan bidikan pada senjata menggunakan bahan dasar bernama cyanoacrylates oleh seorang ahli kimia bernama Harry Coover dan menghasilkan lem dengan kekuatan super yang dikenal dengan super glue.

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *