5 Museum Bersejarah Ini Bakal Bikin Kamu Melek Sejarah!

Pesan Ir. Soekarno, “Jangan sekali-sekali melupakan sejarah.” Mengunjungi museum sejarah bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempelajari sejarah.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

NgenetYuk! Travel – Tahu gasih guys, di Indonesia ini terdapat lebih dari sekitar 300 museum yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Nah, di bawah ini merupakan beberapa museum bersejarah yang sering dikunjungi sebagai tempat studi entah murid sekolah, mahasiswa, dan komunitas lainnya. Kenali lebih jauh yuk!

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
www.pusakaindonesia.org
Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat

Open Selasa – Minggu, 9 am – 5 pm

Ticket 1K-2K

Pada pemerintahan Belanda, bangunan ini dibangun awalnya sebagai Balai Kota Batavia, sekitar tahun 1707-1710. Kemudian beralihfungsi menjadi museum dengan nama Museum Fatahillah pada 30 Maret 1974.

Berisikan koleksi peninggalan dari kerajaan Tarumanegara juga Pajajaran. Tak hanya itu, terdapat koleksi kebudayaannya juga lho.

2. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
www.tourjogja.com
Jendral A.Yani 6, Yogyakarta

Open Selasa – Minggu, 7.30 am – 4 pm

Ticket 1K-2K

Dibangun pada tahun 1760 atas permintaan Belanda yang merasa sedikit terancam sehingga mereka meminta untuk dibangun sebuah benteng. Melewati beberapa proses renovasi sampai pada akhirnya di tahun 1992, sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan nomor 0475/O/1992 tanggal 23 November 1992, Beteng tersebut dialihfungsikan sebagai Museum bernama Museum benteng Yogyakarta.

3. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman
www.indonesiakaya.com
Jl.Diponegoro No. 10, Padang

Open Selasa – Minggu, 8 am – 4 pm

Ticket 3K

Merupakan salah satu museum budaya yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Diresmikan pada 16 Maret 1977. Karena museum ini merupakan museum budaya, koleksinya pun terdiri dari peninggalan budaya yang kebanyakan budaya di daerah Sumatera khususnya Minang. Selain itu, terdapat juga peninggalan purbakala dari Kerajaan Dharmasraya.

4. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka
surakarta.go.id
Jl. Brigjen Slamet Riyadi 275, Surakarta

Open Selasa – Minggu, 8.30 am – 4 pm

Jumat, 8.30 am – 11.30 am

Ticket 5K

Dibangun pada tanggal 28 Oktober 1890 yang kemudian dipindah lokasinya pada tanggal 1 Januari 1913. Museum ini dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwono IX. Terdapat koleksi seperti arca, buku kuno, wayang kulit, serta pusaka-pusaka adat. Tak hanya itu, pada suatu ruangan di dalam museum, diletakkan sebuah patung kayu berbentuk kepala yang merupakan pahatan Pakubuwono V saat masih muda.

5. Museum Bali

Museum Bali
balihellotravel.com
Jalan Mayor Wisnu Denpasar

Open Minggu – Kamis, 8 am – 3 pm

Jumat, 8.30 am – 12.30 pm

Ticket 5K

Museum Bali ini berisikan koleksi yang berhubungan dengan bidang manusia dan etnografi. Etnografi sendiri merupakan kajian tentang kehidupan dan kebudayaan masyarakat etnis. Jadi, tidak heran jika banyak peralatan dan perlengkapan kebudayaan, keagamaan, kesenian, dan yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat.

Dibangun sekitar tahun 1910 dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 8 Desember 1932.

Untuk kamu yang ga suka belajar, cara ini cukup efektif untuk memperluas wawasan kamu. Jadi, jangan berhenti untuk terus memperdalam sejarah bangsa ya!

Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *