Identitas Tersembunyi di Balik Maskot Dufan

Buat kalian yang ingin jalan - jalan pasti ga asing lagi sama tempat yang satu ini. Tapi, tak pernah tahu siapa identitas tersembunyi di balik Maskot Dufan?


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Identitas Tersembunyi di Balik Maskot Dufan

NgenetYuk! Hiburan – Dufan atau Dunia Fantasi ini merupakan salah satu taman bermain terbesar di Jakarta yang berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Salah satu yang menjadi ciri khas dari taman bermain ini adalah karakter maskotnya.

Maskot Dufan ini tergolong cukup unik. Diadaptasi dari perawakan Kera Bekantan yang berhidung besar dan memiliki bulu lebat berwarna pink dibuat menyerupai manusia dengan balutan baju dan topinya yang khas. Dengan ilustrasi yang keren ini, kalian pasti berpikir bahwa maskot Dufan itu karya seniman dari luar negeri bukan? Eits, jangan salah. Maskot Dufan ini asli buatan dari seniman Indonesia!

Singkat cerita pada tahun 1982, dibentuk sebuah tim yang bertanggung jawab untuk membuat wahana di Dufan ini yang diketuai oleh Agustitus Teddy Darmanto. Tim yag terdiri dari kumpulan orang-orang berbakat ini, dibagi menjadi beberapa divisi seperti ilustrator, properti, mekanik, elektronik, sculpting & moulding fiberglass, desainer, dan masih banyak lagi. Salah satu dari anggota tim tersebut adalah Hari Wuryanto.

Hari Wuryanto
https://web.facebook.com/yunitach

Tidak banyak masyarakat yang tau bahwa dia juga turut andil dalam proyek besar ini. Meskipun penampilannya sangat sederhana, tapi beliau sangat piawai menggambar. Di usianya yang sudah tidak muda lagi ini, beliau masih aktif mengajar desain di salah satu Politeknik Negeri di Jakarta lho! Salah satu materi yang dia ajarkan adalah menggambar ilustrasi sesuai dengan keahliannya tentunya.

Nah, sekarang kalian udah ga penasaran lagi kan? Untuk itu, terus beri apresiasi karya anak bangsa agar semakin banyak dunia mengenal bahwa Indonesia kita ini kaya potensi!


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *